Banjir di Tengah Pandemi

Caption foto: Kondisi banjir yang merendam pemukiman warga di tengah pandemi Covid-19. Minggu (12/4). (WARTAPALA INDONESIA/Anoy Julian)

Wartapalaindonesia.com, Muara Teweh–  Tingginya intens hujan beberapa hari ini, membuat sejumlah ruas jalan dan rumah warga sekitar dalam kota Muara Teweh, yang berada di dataran rendah terkena dampak banjir.

Meluapnya aliran Sungai Barito setelah hujan dengan curah yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir turun di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19).

Berdasarkan pantauan di lapangan pada Sabtu (11/4/2020), untuk dalam kota Muara Teweh, beberapa rumah dan jalan yang berada di dataran rendah terkena banjir seperti sebagian Jalan Imam Bonjol, Jalan Merak, Jalan Dahlia Gang Paraguay, Jalan MT, Panglima Batur dan Jalan Mawar.

“Banjir yang mulai menggenangi Jalan Merak terjadi sejak Jumat kemarin. Pagi ini (Sabtu, 11/4/2020) jalan tempat tinggal kami sudah tergenang banjir dan mulai masuk kedalam rumah. Ketinggian air  mencapai 0,5 – 1 meter-an,” kata Yani, salah seorang warga.

Sejumlah jalan yang terdampak banjir di dalam kota Muara Teweh pada Jumat pagi masih bisa dilewati kendaraan bermotor, baik roda dua maupun empat. “Pada hari Jumat kemarin sekitar jalan Merak masih bisa dilalui,” imbuhnya.

“Kalau di wilayah hulu atau di Kabupaten Murung Raya banjir, maka dipastikan wilayah Kabupaten Barito Utara yang berada di wilayah hilir atau selatan akan kena dampaknya juga,” tambah Bani salah seorang warga Jalan Sengaji Hulu yang rumahnya juga terkepung banjir.

Sementara itu, desa-desa yang berada di dataran rendah daerah ini juga mulai terendam banjir seperti di Kelurahan Jingah dan Jambu Kecamatan Teweh Baru.

Selain merendam sejumlah desa di Kecamatan Teweh Baru, banjir juga dipastikan merendam kawasan yang berada di pinggiran Sungai Barito di antaranya Kecamatan Lahei, Teweh Tengah dan Montallat.

Kontributor || Anoy Julian -Kalteng

Editor || Pena, WI 190027

 

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: