Begonia Jenis Baru dari Sulawesi Tengah

Caption foto: Begonia sidolensis. (WARTAPALA INDONESIA/ Roland Putra)

Wartapalaindonesia.com, PALU – Putri daerah  dari Kota Palu berhasil merilis Artikel ilmahnya di jurnal internasional Phytotaxa mengenai dua jenis baru Begonia dari Gunung Sidole Sulawesi Tengah (21/3/2020).

Begonia merupakan salah satu marga tumbuhan yang tersebar di Indonesia.

“Sulawesi merupakan salah satu wilayah yang menjadi pusat studi mengenai jenis-jenis Begonia, namun belum semua wilayah belum terjelajahi. Salah satunya ada di wilayah Gunung Sidole, oleh karena itu saya memberanikan diri untuk melakukan eksplorasi di sana,” ujar Eka Putri Dayanti sambil tersenyum.

“Saya mulai mengenal atau mempelajari marga Begonia sejak awal tahun 2017, saat itu saya fokus mempelajari tentang karakteristik Begonia, baik karakter vegetatif (daun dan perawakan) hingga karakter generatif (bunga dan buah),” tambahnya.

Selain itu Eka juga mempelajari tentang distribusi atau penyebaran dan habitat atau tempat tumbuh Begonia. Menurut Eka, hal tersebut sangat penting, karena sebelumnya dia belum pernah melihat wujud dari Begonia yang tumbuh di Sulawesi Tengah.

“Eksplorasi awal saya di Gunung Nokilalaki. Di sinilah pertama kali saya melihat langsung Begonia, yaitu Begonia aptera,” tuturnya.

Eksplorasi di Gunung Sidole ini dilakukannya bersama tiga orang juniornya dari jurusan Biologi yaitu Rahmat, Iqbal, Rifki dan dua orang temannya yaitu Zulfadli dan Roland.

Eksplorasi ini dilakukan selama enam hari, pada Desember 2018. Eksplorasi ini dimulai dari ketinggian ≤150 Mdpl hingga ketinggian 1900 Mdpl dan kami mendapatkan empat jenis Begonia.

Jenis yang pertama kami jumpai ialah Begonia aptera, jenis ini kami jumpai pada saat perjalanan menuju shelter 2 Gunung Sidole, dengan tipe vegetasi hutan sekunder.

Jenis kedua yaitu Begonia rieckei yang berada di sekitar shelter 2. Jenis ke tiga dan ke empat saat itu saya belum mengetahui jenisnya, sehingga proses identifikasi saya lanjutkan di Herbarium Celebense (CEB).

Singkat cerita, hampir setahun proses pengerjaannya akhirnya berhasil terpublikasi denga judul jurnal Two New Species of Begonia (Begoniaceae, Section Petermannia) from Mount Sidole, Central Sulawesi, Indonesia.

Dua jenis Begonia baru itu ialah yang pertama Begonia rolandfadlii Dayanti, Ramadanil & D.C.Thomas. Nama jenis “rolandfadlii” ambil dari perpaduan kedua nama temannya yang telah membantu dalam pengerjaan sampel saat di Gunung Sidole yaitu Roland dan Zulfadli, karena mereka berdua laki-laki maka akhiran namanya (i), jika perempuan maka akhiran namanya (ae).

Jenis baru yang kedua yaitu Begonia sidolensis Dayanti, Ramadhanil & Ardi. Sidolensis dengan penambahan (ensis) menandakan nama di ambil dari nama tempat yaitu Gunung Sidole, selain itu juga sebagai kenang-kenagan indah untuk Sidole.

Penemuan dua jenis Begonia baru ini merupakan hadiah dari Allah, konsistensi dan berkat bimbingan dari kedua gurunya yaitu bapak Prof. Dr. Ramadanil, M.Si dan Wisnu Ardi, M.Si.

Belajar, Kenali dan Catat!

Kontributor || Roland Putra, WI 200091

Editor || Dewi Ayuningtyas, WI 190042

Begonia rolandfadlii.
Bunga Begonia rolandfadlii.
Bunga jantan Begonia rolandfadlii.
Para penemu Begonia jenis baru, dari kiri ke kanan (Zulfadli, Eka dan Roland).

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: