Bersama ACT, PKK Perum Griya Mangli Indah Aktifkan Lumbung Sedekah Pangan

Caption foto: Menyerahkan bantuan bahan pangan kepada salah satu warga yang membutuhkan. (WARTAPALA INDONESIA/ Uzlatussakinah)

Wartapalaindonesia.com, JEMBER – Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan (GN LSP) yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember terus berlanjut membersamai masyarakat yang terdampak Covid-19.  Salah satu titik LSP yang masih aktif menyediakan bahan pangan, maupun makanan siap santap yakni di Perumahan Griya Mangli Indah Jember. Penggeraknya adalah para ibu PKK di perumahan tersebut.

“Alhamdulillah, biasanya kami bagi-bagi nasi bungkus di depan kompleks, ternyata ACT menawarkan rak Lumbung Sedekah Pangan, langsung kami terima, karena sudah lama program seperti ini kami inginkan. Setelah kami musyawarahkan, ibu-ibu yang lain sepakat untuk digilir mengisi raknya, sampai saat ini berjalan selama sebulan,” ujar Rusdy, salah satu penggerak ibu-ibu PKK di RW 5.

Senada dengan Rusdy, kehadiran rak Lumbung Sedekah Pangan ini juga disambut baik oleh Ani, warga yang juga aktif mengisi rak LSP ini.

“Tentunya kami senang sekali dengan adanya rak LSP ini karena mendapatkan wadah untuk berbagi.  Saya yakin, apa yang kita lakukan semata-mata untuk menjalankan kewajiban kita sebagai manusia, untuk saling membantu sesama. Semoga yang kita lakukan menjadi keberkahan bagi kita semua,” ungkap Ani, salah satu warga Perum Griya Mangli Indah.

Setiap Jumat ibu-ibu PKK di perumahan Griya Mangli mendonasikan sedekah terbaiknya untuk menghidupkan Lumbung Sedekah Pangan. Tak hanya berdonasi saja lalu pergi, ibu-ibu PKK turut andil ke lokasi untuk mempersiapkan sampai membagikan sembako dan makanan kepada yang membutuhkan.

Seperti yang dilakukan para ibu PKK hari ini (16/10) yang menyiapkan hingga membagikan sembako kepada para pekerja harian, seperti tukang becak, pedagagang keliling, dll. Sembako yang terkumpul dan dibagikan sebanyak puluhan paket yang berisikan beras, minyak, telur, mie instan, dan masih banyak lagi.

Tak hanya sembako, makanan siap saji, dan air minum dalam kemasan juga dibagikan kepada mereka yang membutuhkan.

“Alhamdulillah, saya bersyukur sekali dapat bantuan sembako ini, bisa meringankan saya. Semoga terus dilancarkan rezekinya, dan berkah Aamiin Aamiiin,” tutur salah satu penerima manfaat.

Adanya Lumbung Sedekah Pangan sangat membantu masyarakat yang kurang mampu. Mereka dapat mengambil kebutuhan makanan pokok apa saja yang mereka butuhkan. Selain itu menjadi ladang sedekah masyarakat untuk membantu sesama, di mana masyarakat mampu dapat meletakkan bahan pangan atau makanan di rak-rak Lumbung Sedekah Pangan.

“Gerakan Lumbung Sedekah Pangan ini diharapkan terus berjalan, sebagai jembatan antara pemberi dan penerima manfaat. Pada  setiap titiknya tentu ada penanggung jawabnya yang mengkoordinir masyarakat setempat untuk bersedekah, sampai penyaluran kepada penerima manfaat. Seperti di Perumahan Griya Mangli ini yang memiliki caranya sendiri dalam merealisasikan Gerakan LSP ini,” jelas Dani Ardissa, staff program ACT Jember.

Hingga saat ini, telah terdapat tiga titik di Jember yang menjadi tempat Lumbung Sedekah Pangan, yakni di depan toko  Nazar Jl. Gajah Mada, Perumahan Griya Mangli Indah, dan di Masjid Al Muttaqin. Tim Aksi Cepat Tanggap Jember, akan menambah titik rak-rak LSP, agar semakin banyak masyarakat yang yang terbantu. Jadi, siapapun yang ingin ikut andil mengaktifasi rak-rak LSP sangat diperbolehkan.

Kontributor || Uzlatussakinah, WI 200047

Editor || Muda Lahir Ria, WI 170013

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: