Bunga Kemanusiaan untuk Aceh Utara dan Aceh Timur

Caption foto: Foto bersama angota Ikapala saat lakukan penggalangan dana “Bunga Kemanusiaan”. (WARTAPALA INDONESIA/ Andi Tharsia)

Wartapalaindonesia.com, ACEH – Pecinta Alam Aceh yang tergabung dalam Ikatan Pecinta Alam Aceh (Ikapala) melakukan kegiatan penggalangan dana bagi korban banjir di kabupaten Aceh Utara dan Aceh Timur, pada Kamis (10/12) di Banda Aceh. Kegiatan terpusat di dua titik, yaitu di Lapangan Blang Padang dan Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh.

Kegiatan ini dilakukan oleh sekitar 20 orang, yang terdiri dari anggota Mapala kampus dan komunitas Pecinta Alam se-Aceh.

Koordinator lapangan, T. Syibran Mullasi Sattar, mengatakan bahwa kegiatan ini selain bertujuan meringankan beban korban banjir yang terdampak juga sekaligus mengedukasi masyarakat untuk mencintai lingkungan. Edukasi ini dilakukan dengan memberikan tanaman hias dan herbal bagi pengguna jalan yang ingin berdonasi.

“Kami sebut pemberian bunga ini sebagai Bunga Kemanusiaan. Kita ingin memunculkan rasa peduli tidak hanya secara kemanusiaan tapi juga cinta lingkungan yang berawal dari masyarakat. Juga secara sadar mengedukasi untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan, apalagi merusak hutan, agar tidak lagi terjadi bencana seperti yang terjadi di Aceh Utara dan Aceh Timur,” ujarnya.

Syibran mengakui, selain dari masyarakat, donasi juga dating dari alumni Mapala dengan jumlah yang signifikan. Donasi juga dilakukan melalui transfer rekening dan promosi melalui media sosial.

Hasil dari donasi ini akan langsung diberikan ke posko induk yang ada di area bencana, dan tidak melalui lembaga apapun (swadaya). Hasil dari donasi akan dikonversikan sesuai kebutuhan yang ada di lapangan berdasarkan assessmen yang dilakukan tim posko induk.

 “Dari segi penggalangan dana sudah sangat bagus. Hal ini terbukti dengan turunnya mahasiswa dari berbagai kalangan untuk melakukan kegiatan serupa di area lampu lalu lintas di kota Banda Aceh dan Aceh Besar,” tutur  Fauzi Rahmat mewakili Gainpala UIN Ar-Raniry.

Pria yang juga anggota Ikapala ini berharap akan terus adanya aliran donasi untuk disampaikan kepada yang membutuhkan secara amanah.

Kontributor || Andi Tharsia, WI 200221

Editor || Jelita Sondang Samosir, WI 170020

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: