Gunung Penanggungan Sebagai Pelarian

Caption foto: Salah satu pendaki saat berfoto di puncak Pawitra, Gunung Penanggungan (foto oleh: A. Phinadhita P.). (WARTAPALA INDONESIA/ Bustanul Farid)

Wartapalaindonesia.com, FEATURE – Gunung Penanggungan adalah salah satu gunung yang berada di Jawa Timur. Gunung yang kecil dan cantik ini tepatnya  berada di perbatasan dua kabupaten yaitu Kabupaten Mojokerto dan  Kabupaten Pasuruan.

Bentuk yang tidak telalu besar namun tetap memiliki keindahan dan eksotisme tersendiri. Memiliki ketinggian yang hanya 1.653 mdpl,  tak membuat Gunung Penanggungan kalah cantiknya dengan  gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia

Gunung yang sudah tidak aktif ini juga menyimpan sejarah pada masa kerajaan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya banyak arkeolog yang berada di sekitar gunung  penanggungan.

Candi Jolotundo menjadi salah satu bukti bahwa Gunung  Penanggungan ini memang memiliki sejarah di masa kerajaan dahulu. Gunung Penanggungan menjadi salah satu destinasi yang cocok bagi para pecinta alam yang baru saja memulai hobby-nya dalam dunia pendakian.

Selain menjadi destinasi bagi para pendaki pemula, gunung ini juga dijadikan sebagai pelarian saat weekend atau hari libur oleh sebagian masyarakat kota, khususnya Kota Surabaya dan Sidoarjo. Dijadikan tempat pelarian dari hiruk pikuknya kota, dan dari kejenuhan usai menghadapi deadline tugas ataupun kerjaan.

Gunung Penanggungan menjadi destinasi utama bagi para pendaki ataupun para pencinta alam yang berada di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan letaknya yang paling dekat untuk ditempuh perjalanan. Sehingga Gunung Penanggungan dijadikan pelarian untuk refreshing atau sekedar menikmati alam.

Kontributor || Bustanul Farid, WI 200104

Editor || Jelita Sondang Samosir, WI 170020

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: