Kegiatan Rutin Menghijaukan Nepal Van Java

Caption foto: Saat penanaman bibit di Dusun Butuh, Magelang. (WARTAPALA INDONESIA/ Anang Julianto)

Wartapalaindonesia.com, MAGELANG – Perjalanan yang melelahkan terasa asyik karena disuguhi pemandangan indah diantara perkebunan warga Dusun Butuh, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Sebagai tempat wisata, Nepal Van Java sebutannya, kini menjadi salah satu ladang ekonomi bagi masyarakat setempat. Guna menambah daya tarik wisatawan, masyarakat dibantu oleh beberapa komunitas melakukan penanaman Bibit Pule, Jambu Biji, dan Gayatri pada Rabu (16/12/2020).

Beberapa komunitas yang hadir diantaranya JAKA TARUB, Sekolah Air Hujan Banyu Bening, GALENA Rescue, R-KomPAS(Rumah-Komunitas Pecinta Alam Se-nusantara), KomPAS Indonesia, SEMBADA Rescue, Forum Kali Bersih, Distrik 403 YK, DOI (Driver Online Indonesia) dan Kopi Mbah Cokro.

Penyerahan 1300 bibit tanaman ini diterima langsung oleh Kepala Dusun Butuh, Lilik Setyawan, di Basecamp Sumbing Kaliangkrik. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mengantisipasi penyebaran Covid-19, hingga siang hari penanaman berjalan lancar.

Kegiatan ini menjadi bagian upaya mitigasi di daerah hulu yang telah banyak kehilangan tanaman tegakan. Juga sebagai salah satu program mitigasi di tempat wisata alam, yang tentu saja butuh langkah nyata untuk antisipasi pencegahan resiko bencananya seperti longsor dan banjir bandang.

“Penanaman ini rutin kami lakukan dan akan terus menjadi suatu kebiasaan. Karena siapa lagi kalau bukan kita yang mencegahnya dari bencana,” tutur Lilik.

Lilik berharap, semoga kelak keturunan kita menikmati jauh lebih baik atas alam ini.

“Harapan kami, alam ini akan jauh lebih asri dan lestari. Kita jaga alam, alam jaga kita,” ucap Lilik menutup pembicaraan.

Kontributor || Anang Julianto

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: