Mapala Dewantara Unitas Palembang Ekspedisi di Gunung Seminung

Caption Foto: Foto bersama para angota Mapala Dewantara Unitas Palembang saat ekspedisi di Gunung Seminung. Senin, (1/10). ( Wartapala Indonesia/Fadli).

       Wartapalaindonesia.com, Palembang-Melakukan perjalanan pengembaraan di gunung, Merupakan salah satu kegiatan yang membawa nilai positif dan  pengalaman ilmu berharga.

Anggota Muda Mapala Dewantara Universitas Taman Siswa Palembang yang berdiri pada tanggal 28 Desember 1994 melakukan pengembaraan di Gunung Seminung. Dalam kegiatan pengembaraan tersebut juga diklaksanakan program pemasangan plang petunjuk arah jalur dan pembuatan penambungan air bagi para pendaki.

       Lokasi Pengembaraan dilakukan Gunung Seminung memiliki ketinggian 1881 Mdpl yang terletak di Kabupaten Lampung Barat, Kecamatan Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan melalui jalur Kota Batu, Provinsi Sumatra-Selatan.

Program pemasangan plang petunjuk arah jalur Gunung Seminung dan pembuatan penampungan Air di Ketuai oleh Tomy Agus Pranoto dengan Anggota Annisa Putri Utami, Nelka Oktadini, Rahmat Januar dan Endang Agustiawan. Kegiatan Pengembaraan ini dilakukan pada tanggal 6-10 September 2020.

     Tomy Agus Pranoto selaku Ketua Pengembaraan mengatakan ” Ide untuk melakukan Ekspedisi Pengembaraan Di Gunung Seminung bermula, Saat itu saya bersama rekan Mapala Dewantara melihat sedikitnya Plang Petunjuk Arah di Gunung Seminung dan kesulitan Air di setiap Jalur Pendakian, Apalagi Jalur Gunung Seminung terjal menanjak terus. Sehingga munculah Ide kepedulian untuk membantu para pendaki yang mau mendaki di Gunung Seminung, dengan membuat Plang Petunjuk Arah Jalur Gunung Seminung dan Penampung Air”. Ujar Tomy.

      Tomy juga mengatakan ”Sepajang jalur yang terjal, Kami melihat tanaman kopi dan buah alpukat, jadi hal ini merupakan keunikan Jalur Gunung Seminung . Selain itu kalau dari atas Gunung Seminung kita bisa melihat Danau Ranau sebagai bonusnya, Demikian juga dari Danau Ranau kita bisa melihat Gunung Seminung. Untuk Perjalanan  dari Jalur Kota Batu ke Basecamp waktu yang ditempuh 3 jam dalam pendakian”.Ujar Tomy

      Tomy melanjutkan ” Untuk  Perjalanan dari Basecamp Ke Puncak Gunung Seminung memakan waktu 4,5 Jam, Selama perjalanan kami membawa 8 botol air minum karena jarang  menemukan air sepanjang jalur PendakianGunung Seminung, Terjal menghabiskan tenaga banyak itulah yang dihadapi Tim Ekspedisi Gunung Seminung. Disamping  membawa makanan dan perlengkapan pendakian lainnya”.

     Tomy juga  berharap “dengan adanya program pemasangan plang penunjuk arah  dan penampungan air di Gunung Seminung, dapat membantu pendaki Gunung Seminung dalam melakukan pendakian” ujar Tomy Agus Pranoto

Kontributor: Fadli Dian

Editor: Dewi Ayu Ningtyas, WI 190042

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: