Mau Merawat, Banyak Manfaat

Caption foto: Tanaman Lidah Buaya (sumber foto: replubika.co.id). (WARTAPALA INDONESIA/ Yashinta Humaidah)

Wartapalaindonesia.com, FEATURE – Adanya wabah Covid-19, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk stay di rumah aja. Banyak instansi yang memberlakukan Work From Home (WFH), kegiatan pendidikan dialihkan menjadi sekolah online, dan masyarakat diperbolehkan bepergian apabila ada urusan yang memang penting tentunya tetap dengan menjaga kesehatan.

Dengan adanya peraturan pemerintah, mau tidak mau, kita harus mematuhinya demi keselamatan dan kesehatan semua orang. Anjuran pemerintah terkait #dirumahaja tentu lama-lama membuat kita sebagai makhluk sosial merasa bosan.

Kebosanan tersebut timbul karena tidak bias bebas berinteraksi, sehingga kita mencari kesibukan lain untuk melakukan suatu hal yang dapat menggantikan rasa bosan itu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengisi rasa bosan ialah dengan berkebun.

Berkebun merupakan sebuah kegiatan yang sangat menyenangkan. Pokok dari berkebun ialah berhubungan dengan tanam-menanam.

Salah satunya menanam tanaman hias. Terdapat banyak jenis tanaman hias, salah satunya Lidah Buaya. Tanaman tersebut memiliki banyak khasiat juga keindahan.

Lidah Buaya merupakan tanaman dengan daun berdaging tebal dan berduri berasal dari genus Aloe. Lidah buaya mempunyai nama ilmiah Aloe Vera.

Tanaman ini bersifat menahun, berasal dari Benua Afrika dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim topis, semi tropis, dan kering di berbagai belahan dunia.

Perawatan tanaman Lidah Buaya sangat sederhana karena tanaman ini memiliki kemampuan untuk hidup dan tumbuh dengan baik di iklim kering, sehingga mudah tumbuh dimanapun tempatnya.

Berikut adalah cara merawat tanaman hias Lidah Buaya dengan tepat, yaitu: gunakan tanah kering, tambahkan pupuk, pasir, serta batuan, jangan terlalu banyak saat penyiraman, atur intensitas cahaya dan jangan tempatkan di bawah terik matahari secara langsung, dan ganti pot saat lidah buaya mulai besar.

Sangat sederhana bukan cara perawatan tanaman hias Lidah Buaya? Kita bisa menanam serta merawatnya kapanpun dan dimanapun dengan cara yang relatif mudah serta sangat sederhana. Menarik bukan untuk mencoba menanam dan merawatnya?

Selain itu ada fakta menarik terkait tanaman Lidah Buaya ini, salah satunya adalah mendapat julukan tanaman keabadian. Fakta terdahulu di Bangsa Mesir Kuno diketahui bahwa zaman dulu kala jenazah diawetkan dengan ramuan dimana salah satu campurannya adalah lidah buaya. Dengan ramuan ini bakteri dan dan jamur bisa dihalau. (dilansir dari artikel oleh Puspita Putri “Cerita Lidah Buaya, Zaman Mesir Kuno”, bobo.grid.id/amp/08674555/cerita-lidah-buaya-zaman-mesir-kuno-menjadi-bekal-kubur diakses pada 17 Mei, 2020, pukul 21.12 WIB).

Lidah Buaya adalah tumbuhan yang mudah ditanam, perawatannyapun cukup sederhana. Selain itu, Lidah Buaya memiliki nilai estetika tersendiri bagi para pecinta tanaman lidah buaya.

Lidah Buaya memang cocok ditanam di rumah. Jenis-jenis lidah buaya diantaranya Aloe Perryi, Aloe Barbadensis Miller, Aloe Forex atau Cape Aloe, Aloe Dichotoma, dan Aloe Barberae.

Dari semua jenis Lidah Buaya tersebut masing-masing mempunyai bentuk dan tekstur yang berbeda, manfaatnyapun juga berbeda.

Lidah Buaya yang berkulit tebal serta berlendir dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Selain membuat rambut menjadi sehat dan kuat, manfaat Lidah Buaya lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Bermanfaat menjaga kesehatan kulit, sehingga mencegah penuaan dini. Anda dapat menggunakan lidah buaya untuk mencegah timbulnya kerutan dan tanda penuaan pada kulit wajah,
  2. Sebagai obat pencahar yaitu dapat mengatasi sembelit. Anda dapat mengonsumsi zat lilin berwarna kuning yang ada di bawah daun lidah buaya karena bagian tersebut mengandung senyawa aloin atau barbaloin yang merupakan zat pencahar yang ampuh,
  3. Mencegah penyakit gigi dan menjaga kesehatan gigi. Penyakit gigi banyak disebabkan oleh plak gigi atau biofilm bakteri yang ada di sekitar gusi. Penelitian menunjukkan bahwa membilas mulut menggunakan lidah buaya yang diolah menjadi jus, 100 persen memiliki efek yang sama dengan efek yang diberikan oleh chiorthexidine, atau obat kumur standar emas. Hal ini karena kandungan antibakteri yang dimiliki lidah buaya dapat menghancurkan kuman dan melindungi gigi,
  4. Menyembuhkan luka bakar. Getah dari lidah buaya dapat dengan cepat membantu kulit yang mengalami iritasi. Hal ini karena lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi dan juga khasiatnya sebagai penyembuh luka. Tidak hanya dapat menyembuhkan luka bakar dan menyuburkan rambut, lidah buaya juga terkenal sebagai agen pemurni udara. Lidah buaya dapat menyingkirkan formalin dan benzena yang umum terdapat di cairan pemberih dan cat. Lidah buaya juga berperan sebagai peninjau kadar polusi. Semakin tinggi kadar polutan dalam ruangan, daun-daun lidah buaya akan memunculkan bintik-bintik cokelat di permukaannya. (dilansir dari artikel oleh Quamila Ajeng, “10 Tanaman Terbaik untuk Membersihkan Udara”, hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/10-tanaman-pembersih-udara-dalam-ruangan diakses pada 17 Mei, 2020, pukul 23.25 WIB)
  5. Dapat mengobati diabetes. Manfaat Lidah Buaya lainnya dapat dijadikan sebagai obat bagi penderita diabetes, terutama diabetes tipe 2. Mengonsumsi jus lidah buaya secara teratur, Anda akan mendapatkan vitamin yang terkandung di dalam lidah buaya sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Selain itu, lidah buaya juga bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah, dan
  6. Sebagai bahan campuran membuat hand sanitizer. Di saat seperti ini, sangat dibutuhkan untuk campuran bahan membuat hand sanitizer dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman Lidah Buaya.

Manfaat Lidah Buaya juga selain untuk manusia juga berguna untuk lingkungan sekitarnya, seperti mempercantik taman di rumah, memperindah halaman rumah, dan lain sebagainya.

Lidah Buaya memang banyak sekali manfaatnya untuk manusia dan juga lingkungan. Dengan demikian manfaatkan apa yang ada pada tanaman Lidah Buaya tersebut dengan sebaik-baiknya dan jangan disia-siakan begitu saja, karena dibalik bentuk Lidah Buaya yang berduri tersebut menyimpan banyak manfaat.

Semoga tulisan ini dapat membantu pembaca untuk mengenal lebih dalam manfaat yang terkandung dalam tanaman Lidah Buaya.

Kontributor || Yashinta Humaidah

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: