Mendaki, Story atau Safety

Caption foto: Salah satu pendaki asal Makassar, Sulawesi Selatan (sumber foto: @inge.95). (WARTAPALA INDONESIA/ M. Irfan Zuhdi)

Wartapalaindonesia.com, FEATURE – Halo para penggiat alam, salam lestari! Mendaki gunung merupakan salah satu jenis olahraga yang biasa dilakukan oleh penggiat alam atau para petualang.

Jenis olahraga ini tidak bisa dianggap remeh. Sebab perlu adanya kesiapan baik secara fisik, mental, maupun persiapan logistik yang cukup. Dalam dunia pendakian ilmu tentang navigasi darat juga sangat dibutuhkan sehingga bisa meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Di era sekarang ini hobi mendaki gunung banyak diminati oleh banyak orang dari semua golongan baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Mereka seperti berlomba-lomba mendaki gunung demi melihat matahari terbit atau tenggelam. Melihat samudera awan di atas ketinggian, serta mendapatkan foto dengan hasil yang bagus untuk diposting di media sosial yang mereka miliki.

Kegiatan ini kadang dilakukan semata-mata hanya agar mendapatkan pujian, atau sebatas mendapatkan like pada sosial media tanpa memperhatikan pentingnya safety dalam pendakian. Tak sampai di situ, kadang juga melanggar beberapa aturan yang ada seperti memetik tanaman, vandalisme, dan membuang sampah sembarangan.

Sebelum melakukan pendakian, ada beberapa hal yang harus diketahui mulai dari riset tentang gunung yang akan didaki (medan, estimasi waktu pendakian, cuaca di gunung), persiapan fisik yang kuat, dan persiapan peralatan yang memadai. Tidak hanya itu, manejemen logistik juga harus diperhatikan karena ini merupakan kebutuhan utama selama pendakian.

Dalam hal packing ada beberapa hal yang harus diperhatikan mulai dari pengelompokan barang, atur penempatan, sampai menyeimbangkan berat carrier. Pastinya kita juga harus melakukan safety pendakian, terutama harus memperhatikan perlengkapan mendaki yang memadai dan sesuai dengan medan.

Jadi, bagi kalian yang suka mendaki, jangan sampai tidak memperhatikan safety pendakian. Konten atau story di media sosial itu bonus, keselamatan jiwa dan raga tetap poin utama kita.

Kontributor || M. Irfan Zuhdi, WI 200211

Editor || Nadiatul Ma’rifah, WI 190044

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: