Menjalankan Hobi di Tengah Penerapan New Normal

Caption Foto: Gunung, salah satu keindahan semesta yang menerbitkan hangat sinar matahari dan kegembiraan. Kamis, (2/6). (WARTAPALA INDONESIA/ Badruz Zaman)

Wartapalaindonesia.com, Sidoarjo–  Mendaki gunung adalah salah satu cara untuk menghilangkan kepenatan. Terlebih lagi terjadinya pandemi Covid-19 mau tidak mau membuat kita harus di rumah saja hingga berbulan-bulan.

Dengan mendaki kita bisa menghirup udara bebas dan dapat menghilangkan stres yang dialami.

Akan tetapi, dengan adanya penerapan new normal saat ini mendaki gunung harus lebih waspada dengan penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan. Dengan penerapan protokol kesehatan diharapkan dapat menghindari reesiko-resiko yang berbahaya.

Adapun beberapa tips agar tetap waspada ketika mendaki:

  1. Selalu membawa masker

Upayakan mendaki gunung atau melakukan kegiatan di alam bebas agar tetap waspada dengan selalu membawa masker sesuai imbuan pemerintah. Upayakan membawa masker dalam jumlah lebih untuk menggantikan masker yang sudah kotor untuk di pisah dengan sampah yang lain.

  1. Sendiri atau berkelompok

Pada dasarnya, penularan Covid-19 seringkali tidak disadari dari aktivitas yang dilakukan. Maka, selalu waspada ketika mendaki. Usahakan jika mendaki berkelompok dengan jumlah maksimal 5 orang dan memantau wilayah teman yang berasal dari zona merah.

  1. Selalu jaga jarak

Ketika berkegiatan di alam, upayakn untuk tetap menajga jarak satu sama lain dan tidak bergerombol untuk mencegah penularan Covid-19. Hal terpenting lainnya, saat merasakan lelah atau sesak napas, upayakan untuk membuka masker dan memilih sementara berjarak 1-2 meter sdari kelompok.

Kontributor || Badruz Zaman

Editor || Dewi Ayu Ningtyas, WI 190042

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: