Peringati Hari Bumi 2023, Walhi NTT Pimpin Parade di CFD Kupang

Caption foto : Beberapa peserta Parade Hari Bumi 2023 di CFD Kota Kupang. (WARTAPALA INDONESIA / Dok. Walhi NTT)

WartapalaIndonesia.com, KUPANG – Koalisi yang dikomandoi oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia wilayah Nusa Tenggara Timur (Walhi NTT) menyelenggarakan Parade Hari Bumi di carfreeday Kota Kupang. Pada 29 April 2023

Acara yang digelar tepat di depan kantor DPR NTT itu, menggabungkan organisasi dan komunitas dari berbagai elemen.

Adapun organisasi dan komunitas yang tergabung dalam koalisi tersebut diantaranya adalah Mapala Universitas Citra Bangsa (UCB) Kupang, Himapala Muhammadiyah Kupang, LMND Kupang,  HMPS Ilmu Politik Undana,TeBe RK, Komunitas XR Kupang, Komunitas Penjaga Budaya Helong, Pondok Sembe, Lowe Wini, PIKUL, Sheep Foundation Indonesia dan Solidaritas Perempuan.

Carfreeday dipilih sebagai momen yang tepat untuk mengekspresikan isu-isu lingkungan. Perhelatan yang sedianya bertepatan di Hari Bumi pada tanggal 22 April lalu, harus tertunda lantaran perayaan Idul Fitri. Adapun parade tersebut diwarnai oleh kampanye iklim, urban camp, musikalisasi puisi, permainan ular tangga dan pembagian bibit pohon gratis.

Acara berlangsung meriah tepat pukul 06:00 sampai 90:00 WITA. Antusiasme pengunjung membludak, mulai dari yang sekedar ingin tahu, mengambil gambar, mengambil bibit pohon hingga memberikan pernyataan sikap tentang perubahan iklim. Selain orang dewasa, anak-anak juga diajak turut berpartisipasi lewat permainan ular tangga yang mengedukasi mereka tentang climate change.

“Hari ini adalah puncak Perayaan Hari Bumi dari rangkain kegiatan sebelumnya,” ungkap Grace Gracella, ketua panitia Perayaan Hari Bumi 2023.

Grace menjelaskan, sebelumnya ada kegiatan roadshow ke kampus-kampus dan komunitas di Kota Kupang dengan agenda kegiatan nonton bareng dan diskusi.

“Tujuan kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat khusunya generasi muda akan pentingnya  menjaga bumi,” ujar ketua bidang pengorganisasian Walhi NTT itu.

Dukungan dari berbagai pihak tidak kalah penting dalam melancarkan agenda parade, salah satunya dari BPDAS Benain Noelmina lewat pemfasilitasan koalisi dengan bibit pohon.

Kontributor || MG
Editor || Ahyar Stone, WI 21021 AB

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.