Puthuk Siwur Surga Bagi Pendaki Pemula

Caption Foto: Suguhan keindahan menjelang matahari terbit di puncak Puthuk Siwur. Senin, (21/9). ( Wartapala Indonesia/Dewi Ayu Ningtyas).

Wartapalaindonesia.com, Mojokerto-Menjadi seorang pendaki pemula tentu tidak ada salahnya bukan? Apakah terlambat ketika kawan lainnya sudah terbiasa naik turun  puncak gunung tertinggi sekalipun? Tentu tidak.

Setiap orang pernah berada di fase ingin mengetahui atau mencoba hal baru, salah satunya dengan mendaki. Bagi orang yang baru mengenal dunia pendakian, rasa penasaran akan muncul dan keinginan untuk mendaki gunung akan sangat terasa.

Mindset bahwa “mendaki gunung menjadi aktivitas yang memberikan manfaat bagi kesehatan fisik, kesegaran pikiran, dan motivasi yang luar biasa” tertanam sebelum melakukan pendakian”. Dan mindset demikian itu, dapat membantu menghapus pikiran buruk tentang resiko yang mengancam ketika mendaki.

Postive mindset sangat penting dan perlu diimbangi dengan kesiapan yang matang sebelum memutuskan mendaki gunung, mulai dari pemilihan lokasi, kesiapan fisik hingga logistik.

 Pendaki pemula yang masih awam dengan alam bebas salah satunya gunung, hal pertama yang harus diperharikan adalah kondisi lokasi. Beberapa hal yang perlu diketahui dan dipersiapkan, yaitu ketinggian gunung, kesediaan sumber mata air, kondisi jalur pendakian, suhu, hingga kemanan.

Salah satu puncak di Jawa Timur yang menjadi alternatif bagi pendaki pemula adalah Puthuk Siwur dengan ketinggian 1.429 mdpl. Berlokasi di Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur yang cukup mudah diakses.

Jalur pendakian Puthuk Siwur baru dibuka tahun 2017 yang dapat didapat digunakan juga untuk akses mendaki ke gunung Pundak. Meski tergolong jalur pendakian baru, kondisi tracking untuk sampai di puncak Puthuk Siwur masih tergolong aman bagi pendaki pemula.

Tracking Puthuk Siwur yang cenderung landai tidak ekstrem, suguhan hutan pinus yang segar, beberapa spot foto yang indah dnegan batuan bertumpuk, dan pemandangan yang mempesona sepanjang jalur pendakian, mampu mengusir rasa lelah dan letih. Dan bagi pendaki professional, jalur pendakian Puthuk Siwur dapat digunakan untuk jogging tracking yang seru.

Hamparan ilalang spot estetik untuk berfoto.

Namun, untuk mendaki hingga puncak, harus mempersiapkan persediaan air yang cukup memadai, karena di wilayah Puthuk Siwur tidak dijumpai sumber mata air Selain itu, di puncak Puthuk Siwur ketika malam hari udara cenderung dingin disertai hembusan angin kecang juga perlu diantisipasi.

Keindahan lain yang tersaji di Puthuk Siwur adalah ilalang-ilalang yang estetik untuk spot foto, kesejukan senja sebelum matahari terbenam, kerlap-kerlip lampu Kota Mojokerto di malam hari, dan kehangatan menyambut pagi dengan matahari terbit. Bagaimana tertarik memulai pendakian di Puthuk Siwur?

Kontributor: Dewi Ayu Ningtyas, WI 190042

Editor: Nidya Seva Kusumaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: