Rafter Solo Raya Adakan Sekolah Musim Hujan Jilid II

Caption foto: Suasana saat peserta lakukan kegiatan pengarungan olah raga arus deras. (WARTAPALA INDONESIA/ Abdul Aziez)

Wartapalaindonesia.com, SURAKARTA – Curah musim hujan yang tinggi sejak bulan November dimanfaatkan oleh Rafter Solo untuk mengadakan kegiatan yang positif. Sekolah Musim Hujan Jilid II merupakan ajang berkumpulnya para penggiat olahraga arus deras di Solo Raya.

Setelah akhir tahun lalu Sekolah Musim Hujan Jilid I di gelar di Sungai Elo Kabupaten Magelang mendapat antusias yang luar biasa oleh seluruh peserta yang ikut serta. Pada event kedua kali ini dilaksanakan di Sungai Progo Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Sekolah Musim Hujan kali ini diikuti oleh 45 peserta dari berbagai anggota Mapala di Solo Raya dan lima peserta dari Mapashada Yogyakarta. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku, seluruh peserta antusias dalam mengikuti pengarungan kali ini.

Adapaun protokol kesehatan yang berlaku yakni untuk angkutan setengah dari kapasitas mobil, masing-masing perahu hanya boleh 5 orang yakni 4 awak, 1 skipper, tetap menerapkan 3M.

Sekolah Musim Hujan Jilid II kali ini berfokus pada morfologi sungai (mengenal bentukan-bentukan sungai), river running system (teknik baca arus) dan river signal. Pengarungan dimulai dengan latihan renang jeram, latihan penyamaan dayungan kemudian di lanjut pengarungan di Sungai Progo bawah dari start hingga finish.

“Harapannya setelah Sekolah Musim Hujan Jilid II ini kami bisa menaikan grade ke Sungai yang lain, karena melihat antusias yang luar biasa dari teman-teman yang mengikuti event kali ini,” ujar Faris, salah satu anggota Rafter Solo.

Sekolah Musim Hujan Jilid II ini bukan agenda pertama, karena beberapa kali Rafter Solo juga sering mengadakan latihan rutin di Solo. Untuk tempat selalu berganti sesuai dengan kebutuhan materi yang di aplikasikan.

“Awal terbentuknya Rafter Solo ini sebenarnya dari teman-teman yang konsen ke olaharaga arus deras dan berasal dari keresahan yang sama yakni kegiatan olaharaga di Solo masih sangat minim. Akhirnya kami mencetuskan event yang memiliki tujuan mengumpulkan para penggiat olahraga arus deras dan pembekalan materi dasar orad di Solo Raya,” jelas faris menceritakan awal mula terbentuknya Rafter Solo.

Harapanya ke depan para penggiat olah raga arus deras di kota Solo bisa berkumpul mengadakan kegiatan kegiatan positif dan bisa saling berbagi. Karena kita tahu materi olahraga arus deras masih belum merata di kota Solo.

Untuk teman-teman yang ada di Solo Raya juga bisa ikut latihan bareng bersama Rafter Solo.

“Tunggu aja kegiatan kami yang lebih keren selanjutnya, kepoin instagram kami @rafter_soloraya,” tutup faris.

Kontributor || Abdul Aziez, WI 200059

Editor || Nadiatul Ma’rifah, WI 190044

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: