RANITA Lakukan Evakuasi Korban Banjir Jakarta

Caption foto: Tim Disaster Management RANITA melakukan evakuasi korban banjir Jakarta (WARTAPALA INDONESIA/Yogi Handika, UKM KMPLHK RANITA) 

Wartapalaindonesia.com, JAKARTA – Hujan dengan intensitas sedang lebat Sabtu (20/2/2021) dini hari membuat beberapa lokasi di Jakarta tergenang banjir. Hal ini membuat mahasiswa UIN Jakarta yang tergabung kedalam UKM KMPLHK RANITA mengerahkan tim respon terhadap banjir Jakarta.

Kepala Bidang Disaster Management RANITA, mengatakan hujan dengan intensitas sedang lebat di Jakarta membuat banjir sehingga tim RANITA mengerahkan relawan untuk melakukan assesment kebutuhan penyintas dan Evakuasi masyarakat terdampak.

“Kami mendapat informasi banjir di beberapa daerah Jakarta tadi pagi. Mendengar kabar tersebut RANITA langsung menurunkan tim sebanyak 5 orang untuk melakukan evakuasi dan pendataan kebutuhan penyintas,” terangnya.

Puspa, menjelaskan sejak awal tim Disaster Management RANITA sudah memantau kejadian dengan meneruskan peringatan terjadinya cuaca ekstrem dari BMKG kepada semua relawan dan masyarakat melalui sosial media.

“Mendengar kabar peringatan yang dirilis dari BMKG tim Disaster Management RANITA langsung meneruskan peringatan tersebut melalui sosial Media, dan siangnya langsung mengevakuasi warga yang terdampak dan pendataan assesment kebutuhan penyintas,” jelasnya.

Tambahnya, banjir ini disebabkan oleh hujan dengan intensitas sedang lebat yang mengguyur sejak Jumat hingga sabtu (20/2) dini hari dan mengakibatkan air sungai meluap.

“Curah hujan tinggi sejak Jumat malam membuat tanggul jebol yang mengakibatkan air masuk ke pemukiman warga sehingga sejumlah kawasan di Jakarta, yakni Mampang Prapatan, Jakarta Selatan yang terendam banjir sekitar 100-150 cm,” katanya.

Berdasarkan laporan lapangan TIM RANITA hingga kini tim masih melakukan evakuasi di Kelurahan Kuningan Barat, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan dengan menerapkan proker kesehatan memakai masker.

Puspa pun mendoakan tim lapangan agar selalu dalam keadaan sehat dan selamat selama melakukan aktivitas bantuan penyintas, walaupun tengah pandemi namun pesan kemanusiaan tidak bisa mereka tinggalkan.

Sementara itu, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan lebat akan terjadi di wilayah DKI Jakarta pada 20 hingga 21 Februari 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memprediksi intensitas hujan tinggi masih akan terjadi pada Sabtu (20/2) hari ini.

BMKG lantas menjelaskan hal ini dikarenakan arah angin dari wilayah utara timur laut Indonesia bertiup menuju selatan dan berbelok ke arah timur di sekitar Pulau Jawa.

Kontributor || Yogi Handika

Editor || Soprian Ardianto, WI 200136

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: