Loka Latih, Kontribusi Lokal Memperkuat Tujuan Global

Suasana Loka Latih di Universitas Maarif Hasyim Latif, Jumat (11/5/2018). (WARTAPALA INDONESIA/ Agus Andrianto)

Wartapalaindonesia.com, SIDOARJO – Disepakatinya Sustainable Development Goals (SDG’s) oleh Perserikatan Bangsa Bangsa sebagai tahap selanjutnya dari Millenium Development Goals (MDG’s) dengan mencapai delapan butir manfaat pada tahun 2015 yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan pada tahun 2015.

Sustainable Development Goals memiliki tujuh belas tujuan global untuk dicapai dari tahun 2016 – 2030. Untuk mencapai tujuan berkelanjutan secara Global pemerintah Indonesia telah mengeluarkan Perpres Nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

Pemerintah Indonesia menunjuk Bapennas sebagai Leading Sector untuk mengintegrasikan Pembangunan Berkelanjutan dalam lingkup pusat maupun daerah.

picasion.com_de58394176c77addc91cf630da1cd1d2

Tidak hanya dari pemerintahan Indonesia, Lembaga Swadaya Masyarakat atau LSM berinisiatif untuk mengaitkan gerakan untuk mewujudkan tujuh belas tujuan dari Sustainable Development Goals.

Berbagaimacamgerakanditingkat local yang dilakukan oleh Universitas dan Lembaga Swadaya Masyarakat digabungkandalamsatuwadah yang dinamakan Connecting Local Initiative.

Connecting Local Initiative telah melangsungkan kegiatan Loka Latih sejak bulan Oktober 2017 yang di ikuti oleh beberapa Lembaga dan Individu di seluruh Indonesia. Pada tanggal 11 Mei 2018, Coloni SDG’s menyelenggarakan kembali Loka Latih di tingkat provinsi yang diadakan di Universitas Maarif Hasyim Latif.

Loka Latih ini dihadiri 30 peserta dari berbagai Lembaga dan Individu di Jawa Timur termasuk Bapedda Probolinggo yang ikut memberikan pemaparan tentang bagaimana menerjemahkan rencana aksi nasional kerencana aksi daerah dalam tujuan pembangunan berkelanjutan.

Tujuan diselenggerakannya Loka Latih ini adalah untuk menerapkan tujuan pembangunan berkelanjutan melalui kontribusi yang diberikan oleh Lembaga dan Individu.

Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan pengenalan Tujuan pembangunan berkelanjutan, memetakan kontribusi yang telah dan akan dilakukan, praktek penyamaan inisiatif dengan indicator tujuan pembangunan berkelanjutan dan membuat tulisan tentang cerita perubahan yang akan menjadi wujud gerakan inisiatif local.

“Setelah mengikuti kegiatan ini lembaga maupun individu diharapkan dapat bekerjasama dalam memberikan kontribusi untuk tujuan global dan berbagi peran antara pemerintah daerah, perngusaha dan masyarakat sipil secara transparan,” ucap Uliontang,ST.Kom selaku Ketua pelaksana kegiatan ini.

Contac Person :

Sugi 082131545669

sugiekowisata@gmail.com

Connecting Initiative Local SDGs

Universitas Maarif Hasyim Latief, Jl. NgelomMegare No. 30, Sidoarjo

Kontributor || Agus Andrianto

Editor || A. Phinandhita P.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan