WARTAPALA INDONESIA

Melesat Tinggi DIKRAB III KPA CEKAKPALA Lahirkan ‘Saderi 12’

Wartapalaindonesia.com, BOGOR – Pendidikan Dasar dan Malam Keakraban (DIKRAB) angkatan III yang merupakan agenda besar tahunan KPA Cekakpala telah terlaksana di Pasir Luhur Campsite, Bogor, Jawa Barat, dan masuk dalam teritorial Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), pada Jum’at (5/1/2018) hingga Minggu (7/1/2018) lalu.

Setelah DIKRAB II yang telah dilaksanakan setahun silam, kini DIKRAB III banyak memiliki warna baru, “Kurikulum & Silabus telah rampung dan merupakan acuan kita dalam Dikrab III dan Dikrab-Dikrab selanjutnya.” kata Wildan selaku ketua Divisi Gunung & SAR Cekakpala.

Hal tersebut membuat KPA Cekakpala dibawah pimpinan Oki Ahmadiansyah  semakin melesat tinggi dengan berbagai terobosan. Terbukti, 12 orang telah lulus dan 3 orang diantaranya disahkan menjadi anggota tetap Cekakpala.

Dikrab III kali ini melahirkan nama angkatan ‘Saderi 12’. Keluarga besar KPA Cekakpala juga tak lupa mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang berkontribusi baik materil maupun immateril.

Materi yang disajikan beragam dan sangat menarik, misal, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD). Menghadirkan pemateri yang bergelut dibidangnya dan salah satu anggota Wanadri, dr. Iqbal El-Mubarak. Disini dr. Iqbal menjelaskan tentang penyakit gunung yang dibagi menjadi 2 sumber yaitu subyektif dan obyektif.

Untuk dapat melakukan pertolongan pertama pada saat terjadinya gawat darurat di gunung ataupun alam bebas dikenal dengan wilderness medicine (pengobatan alam terbuka). Salah satu penyakit gunung yang sering dialami adalah Altitude Mountain Sickness atau dikenal dengan AMS.

Suatu kebanggaan bagi Cekakpala dapat dihadiri oleh dr. Iqbal El-Mubarak, seorang dokter yang gemar travelling dengan jam terbang tinggi, beliau mengajarkan berbagai macam cara pertolongan pertama dalam kegiatan outdoor dengan sebegitu rincinya yang merupakan salah satu ilmu pokok dalam kegiatan alam bebas.

Lain hal dengan Nurfahmi Budi Prasetyo seorang wartrawan senior yang mengisi materi Jurnalistik. Di sini beliau menjabarkan bagaimana cara menulis hasil perjalanan yang bagus dan indah dibaca, dengan gaya penulisan Feature beraroma sastra.

Adapun dengan materi Navigasi Darat yang diisi oleh Agung Adiputra seorang Editor Peta Gramedia yang juga mahasiswa S2 Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan bagaimana cara membaca peta lalu menyingkronkan dengan lokasi sebenarnya dan menentukan titik koordinat ataupun mencari titik koordinat.

Dengan cara yang paling kuno menggunakan peta, kompas dan busur, hingga cara yang modern dengan menggunakan aplikasi pada gadget.

“Dikrab kali ini terasa sangat khidmat dengan kehangatan kekeluargaan yang begitu kental terasa, pelukan serta tangis haru bahagia terpancar pada malam penutupan, semangat dan antusiastisme peserta dibayar Lunas saat itu,” ujar Abdurrahman selaku Master Of Training Dikrab III.

Ini berarti implementasi dari tema kegiatan berjalan dengan baik, yaitu ‘Mempertegas Militansi Anggota Berlandaskan Kode Etik Pencinta Alam Dalam Aktualisasi Terhadap Negara, Masyarakat, dan Organisasi’.

Lewat Dikrab ini Cekakpala berkomitmen bahwasanya Pencinta Alam tidaklah hanya untuk mengumpulkan lambang-lambang pada jaket atau mengibarkan bendera di puncak-puncak tertinggi, namun cekakpala berikrar bahwa pencinta alam harus memiliki integritas sesuai dengan kaidah esensi yang mengacu pada kode etik Pencinta Alam.

Rencana Dikrab IV akan dilaksanakan 3-6 bulan bulan kedepan, untuk itu bagi sahabat-sahabati yang memiliki hobby traveling bisa bergabung di 3 Divisi yang ada seperti; Divisi Gunung & SAR, Divisi Infokom dan Divisi Sekretariat & Organisasi.

Kontributor : Adli Dzil Ikram (0895354533711)

Editor : A. Phinandhita P.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: