OPA GRANICA dan PPA GANESHA Gelar Latber Navigasi Darat

Salah satu peserta Latihan Bersama Navigasi Darat OPA GRANICA dan PPA. GANESHA membidik titik kordinat di bukit Gunung Malang, Panji, Situbondo. Minggu (4/2/2018) lalu. (WARTAPALA INDONESIA/ Donny Kusumah)

Wartapalaindonesia.com, SITUBONDO – 37 orang anggota GRANICA Situbondo bersama Perhimpunan Pecinta Alam GANESHA SMAN 1 Situbondo telah menunjukkan kiprahnya dengan mempraktekkan materi Navigasi Darat.

Turut hadir Ketua Umum dan Pembina dari masing-masing organisasi tepatnya pada Jum’at (2/2/2018) dengan agenda materi ruang dan pada hari Minggu (4/2/2018) praktek lapang di bukit Gunung Malang, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Selama berkegiatan di bukit Gunung Malang, tim mengaplikasikan materi navigasi darat secara keseluruhan sesuai dengan teori dan materi yang ada. Mulai dari penggunaan kompas dan peta hingga orientasi medan yang sebenarnya.

Dalam sambutannya, Raf Adi, Ketua Umum GRANICA Situbondo, menyampaikan, “pengetahuan tentang medan merupakan sebuah modal yang harus dimiliki, pengetahuan penguasaan medan akan mempermudah kita untuk mencapai tujuan dan target tertentu dalam berkegiatan di alam bebas.”

Lebih lanjut Raf Adi menjelaskan, keahlian ini sangat mutlak dimiliki oleh penggemar kegiatan alam terbuka karena akan memudahkan perjalanan kita ke daerah yang khususnya belum kita kenal sama sekali.

“Keahlian ini sangat berguna dalam usaha pencarian korban kecelakaan tersesat atau bencana alam, untuk itu dibutuhkan pemahaman kompas dan peta serta teknik,” tambah Raf Adi dalam releasenya ke WI, Kamis (8/2/2018).

Sementara itu, Ketua Umum PPA Ganesha SMAN 1 Situbondo Abil Fida Al Fatah mengatakan,  agar kegiatan seperti ini tidak hanya berakhir sampai disini, dia berharap kegiatan ini bisa mencakup luas, dari segi peserta dan lokasi praktek.

Pembina GRANICA Situbondo Bapak Gito Susanto, berpesan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini secara serius dan manfaatkan waktu yang ada untuk menyerap semua materi baik materi teori maupun praktek yang diberikan oleh pelatih.

Kontributor : Donny Kusumah

Editor : Idfiandini Darayani

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Dokumentasi, OPA GRANICA Situbondo

Materi ruang, Latihan Bersama Navigasi Darat OPA GRANICA dan PPA. GANESHA SMAN 1 Situbondo
Membaca peta kompas, Latihan Bersama Navigasi Darat OPA GRANICA dan PPA. GANESHA SMAN 1 Situbondo
Membidik titik kordinat, Latihan Bersama Navigasi Darat OPA GRANICA dan PPA. GANESHA SMAN 1 Situbondo
Bukit Gunung Malang, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Latihan Bersama Navigasi Darat OPA GRANICA dan PPA. GANESHA SMAN 1 Situbondo
Praktek lapangan di bukit Gunung Malang, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo. Latihan Bersama Navigasi Darat OPA GRANICA dan PPA. GANESHA SMAN 1 Situbondo

bagikan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan