Opa se-Solo Raya Persiapkan Relawan Untuk Tanggap Gunung Merapi

Caption foto: Suasana saat sharing materi berlangsung. (WARTAPALA INDONESIA/ Abdul Aziez)

Wartapalaindonesia.com, SURAKARTA – Kondisi Gunung Merapi sudah memasuki siaga III sejak awal November dan telah memperlihatkan gejala-gejala erupsi. Organisasi Pecinta Alam (OPA) se-Solo raya melakukan gerak bareng, untuk mempersiapkan relawan yang siap diterjunkan ketika kondisi Gunung Merapi memasuki kondisi awas.

Dalam upaya mempersiapkan relawan-relawan yang tangguh, OPA se-Solo raya melakukan sharing materi tanggap bencana Gunung Merapi. Sharing yang bertempat di Mapala Dinamik FT UMS ini bertemakan “Dukungan Psikosisial dalam Konteks Bencana.”

Pemateri sharing yaitu Fivien Latifa serta teman-teman dari Mapala Psychopala UMS. Peserta yang berasal dari OPA se-Solo raya sangat antusias dalam menyimak penjelasan pemateri.

Meski materi telah didapatkan di internal Mapala masing-masing, dalam sharing ini semua akan diulas lagi, dengan harapan teman-teman OPA se-Solo raya mampu turun langsung menangani kebencanaan dan dapat bergabung dengan tim SAR di lokasi bencana.

“Dukungan psikososial ialah membantu individu dan komunitas untuk mengatasi luka psikologis serta membangun kembali struktur sosial yang rusak karena suatu bencana. Juga merubah penyintas yang aktif, bukan korban yang pasif,” papar Fivien, selaku pemateri.

Di sesi tanya jawab dan sharing, diisi dengan berbagi cerita dari pengalaman teman-teman yang pernah terjun sebagai relawan bencana.  Pengalaman yang disampaikan adalah ketika melakukan tanggap bencana, terutama untuk proses penanganan psikososial.

Dari sharing tersebut dapat disimpulkan bahwa relawan untuk psikosial masih sedikit sekali, sedangkan di lapangan membutuhkan banyak relawan psikososial.

“Untuk menjadi relawan psikososial tidak harus memiliki basic ilmu psikologi, selama teman-teman mau dan punya bekal untuk psikosial, semua dapat menjadi relawan psikosial,” terang Ciki ketika sharing materi .

Setelah berlangsungnya materi, kemudian diadakan Rapat Koordinasi untuk langkah lanjutan yang akan dilakukan oleh OPA se-Solo raya untuk tanggap bencana gunung merapi yang sedang dalam kondisi siaga.

Teman-teman OPA se-Solo raya diminta mengirimkan perwakilan terbaik yang siap dijadikan relawan. Kemudian akan dikirimkan untuk menyusul relawan yang sudah berada di lokasi dengan tujuan guna meringankan beban masyarakat di sana.

Kontributor || Abdul Aziez, WI 200059

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: