Paguyuban Caving Jawa Timur Adakan Sinau Bareng Biospeleologi

Meningkatkan antusias Mapala dan OPA untuk lebih sadar dan peduli lingkungan melalui acara yang diselenggarakan oleh Paguyuban Caving Jawa Timur pada Jumat (9/12/2018) lalu. (WARTAPALA INDONESIA/ Chalimatus Sadiah)

Wartapalaindonesia.com, SURABAYA – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahapala UPN “Veteran” Jawa Timur, kembali menjadi tuan rumah pada kegiatan yang diadakan oleh Paguyuban Caving Jawa Timuratau yang biasa disebut dengan Paving.

Tema yang diusung dalam kegiatan kali ini yaitu“Sinau Bareng Biospeleologi”. Kegiatan ini berlangsung pada Jumat (9/2/2018) bertempat di Pondok Mahapala yang berada di GSG Giri Loka UPN “Veteran” Jawa Timur.

Tujuan utama diadakannya kegiatan ini adalah untuk sharing ilmu dan belajar bersama dengan Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) Jawa Timur tentang ilmu-ilmu biospeleologi, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

Acara ini bukan hanya diperuntukkan untuk kalangan Mapala saja, namun Sispala (Siswa Pecinta Alam) dan OPA (Organisasi Pecinta Alam) juga dilibatkan dalam acara tersebut. Terlihat dari antusias peserta yang datang bukan hanya dari wilayah Surabaya saja, namun ada juga Mapala yang berasal dari luar Surabaya seperti Malang, Tuban dan juga Madura. Jumlah peserta yang datang mencapai 80 orang.

Pihak yang dilibatkan dalam acara tersebut antara lain adalah Tatag Bagus Putra Prakasa selaku pemateri biospeleologi dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Befrian Dio selaku Koordinator Paving Jawa Timur dan Lukman selaku Ketua Pelaksana acara Sinau Bareng Biospeleologi.

Tatag menjelaskan, bahwa trend kegiatan semacam ini di wilayah Jawa Timur dinilai baik, meskipun pada awalnya sangat terlambat untuk memulainya. Karena itu, dia berharap selepas diadakannya kegiatan ini akan menjadi awal yang baik untuk kegiatan-kegiatan lain kedepannya.

“Kami berharap nantinya bisa mengadakan kegiatan yang lebih besar lagi, seperti seminar yang menghadirkan narasumber dari pakar nasional maupun internasional,” ucapnya.

Kontributor : Chalimatus Sadiah

Editor : A. Phinandhita P.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan