Sidoarjo Gelar Aksi Cabut Paku

Caption foto: Peserta aksi berusaha mencabut paku dari pohon. (WARTAPALA INDONESIA/ Alfun Salam)

Wartapalaindonesia.com, SIDOARJO – Minggu, 18 Agustus 2019 Darma Satya Pala 07 bersama Mapala dan Sispala daerah Sidoarjo menggelar aksi cabut paku di area Alun-alun Sidoarjo.

Aksi ini diselenggarakan sebagai serangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juli. Meski terlampau jauh tidak menjadi alasan keterlambatan untuk berbuat bagi kepada sesama makhluk, tidak terkecuali pada lingkungan yang ada di sekitar.

Paku yang tertancap pada pepohonan terlihat begitu memprihatinkan. Banyak bekas paku yang dibiarkan tertancap dipohon, seperti bekas baleho pemilu, iklan maupun informasi yang ditancapkan di pohon dibiarkan begitu saja setelah selesai. Hal ini tentunya membuat pohon rapuh dan tidak sehat meski tetap berdiri dengan kuat.

Banyak hal negatif bila paku-paku tersebut dibiarkan saja menancap di pohon. Diantaranya menggangu kenyamanan, kesehatan, keindahan serta merusak lingkungan karena ada benda logam berat yang menempel di pepohonan. Juga dari hal yang sepele dan kecil akan menimbulkan bekas luka pada tanaman.

Kita sebagai manusia sering melupakan hal-hal kecil namun akan berdampak besar pada kelangsungan hidup semua makhluk. Bayangkan saja bila manusia terkena paku pasti akan menyakitkan, terlebih lagi paku tersebut dibiarkan saja bertahun-tahun menempel.

Di dalam kehidupan, antar sesama makhluk hidup tentunya saling bergantungan antara satu dengan lainnya, bila ada salah satu yang tak seimbang tentunya akan berdampak pada lainnya. Widad Hamdi salah seorang peserta aksi ini berharap nantinya manusia agar lebih sadar dengan tidak menyakiti tumbuhan.

Banyak peserta yang juga berharap aksi-aksi lingkungan tidak hanya dilaksanakan saat waktu-waktu tertentu saja. Namun alangkah baiknya kalau kita semua menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan bahkan menularkan virus baik ini ke semua orang di sekitar.

Kontributor || Alfun Salam, WI 190031

Editor || Agung Wahyu Utomo, WI 170015

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: