Sinergi Gerakan Lintas Komunitas Menuju Indonesia Bebas Sampah 2020

Penyelenggara Gerakan Lintas Komunitas mengajak generasi muda berjanji memulai gaya hidup Zero Waste, di Rumah Senja, Bekasi, Minggu (4/2/2018) lalu. (WARTAPALA INDONESIA/ Pevita Jayusman)

Wartapalaindonesia.com, BEKASI – Dukungan terhadap Indonesia Bebas Sampah 2020 dari Gerakan Bersama Aksi Bersih Lintas Komunitas Organisasi atau yang biasa di sebut GEBER ASIH ini membuktikan kepedulian mereka atas lingkungan.

Tanpa adanya unsur apapun, lebih dari 30 komunitas dan organisasi dari berbagai daerah bergabung dalam acara ini. Mereka hadir dan bersatu untuk mengedukasi tentang jenis jenis sampah maupun Zero Waste Concept kepada anak-anak usia dini di bimbingan belajar gratis, Rumah Senja, Bekasi, Minggu (4/2/2018).

Para relawan yang hadir, sangat antusias dalam memberikan edukasi tentang jenis jenis sampah dan bagaimana memilah sampah. Aksi yang juga menyisipkan perlombaan memilah sampah, disambut baik dan gembira oleh anak-anak Rumah senja.

Selain mendapatkan ilmu tentang bagaimana mereka memilah dan mengetahui jenis-jenis sampah, para relawan GEBER ASIH, juga menyiapkan hadiah hadiah atas pertanyaan pertanyaan yang dijawab dengan sangat antusias oleh anak- anak Rumah Senja.

Target dari GEBER ASIH adalah anak usia dini, dimana pada usia tersebut sangat membutuhkan  motivasi dan arahan agar anak dapat berkreasi, berkembang dan berkarakter.

Melalui kegiatan ini diharapkan agar anak-anak  mengurangi penggunaan sampah an-organik di lingkungan masing masing, selain itu konsep Zero Waste Life Style akan menjadi bagian dari gaya hidup mereka sampai dewasa nantinya.

Dalam aksi ini para relawan dari siswa dan siswi SMA Negeri 4 Bekasi pun ikut serta membantu terselenggaranya edukasi sampah untuk anak-anak Rumah Senja. Dalam aksinya  para voulenteer mengajak anak anak bermain dan bergembira dengan games Lomba Memilah Sampah, juga di arahkan tentang sanitasi diri, seperti mencuci tangan yang baik dan benar.

Komitmen nyata mereka dengan membuat deklarasi bersama anak-anak Rumah Senja untuk mengurangi penggunaan benda benda sekali pakai maupun jajanan kemasan yang menghasilkan sampah.

Membawa botol tumbler sebagai pengganti air minum kemasan, membawa kotak makan sebagai pengganti styrofoam atau bungkus plastik adalah tanggung jawab yang diberikan kepada anak Rumah Senja. saat jajan di luar juga mengajarkan kebersihan diri sendiri mencuci tangan dengan tepat.

“Rangkaian kegiatan GEBER ASIH yang dimulai pada di Rumah Senja pada tanggal 4 Februari 2014, adalah aksi lanjutan daripada Kemah Ceria-Zero Waste di Pusat Penelitian Konservasi Alam Bodogol pada tanggal 13-14 Januari 2018. Sedangkan tanggal 18 Februari akan diselenggarakan sebagai acara puncak daripada seluruh rangkaian kegiatan, dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional,” ungkap Pevita Jayusman, perwakilan Humas Gerakan Aksi Bersama Aksi Bersih Lintas Komunitas di kegiatan tersebut kepada WI, Senin (5/2/2018).

Hal senada akan di lakukan kembali di minggu berikutnya dengan tujuan dan target yang sama. “Minggu ini, 11 Februari 2018, kami dari Gerakan Bersama Aksi Bersih akan melakukan kunjungan ke Dandelion, tempat belajar anak-anak pemulung di TPST Bantar Gebang, Bekasi,” tambah Pevita yang mengajak semua komunitas untuk turut berpartisipasi.

“Peduli akan lingkungan adalah memulainya dari diri sendiri. Marilah pilah sampah, dan kurangi sampah pribadi untuk bumi yang lebih baik. Mari kita tinggalkan kebiasaan  menyumbang sampah ini mulai hari ini,” tutup anggota Cekakpala tersebut.

Kontributor : Pevita Jayusman

Editor : A. Phinandhita P.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: