Sejarah

TENTANG WARTAPALA INDONESIA

Warta (Berita) Pala (Pencinta Alam) Indonesia atau yang disingkat WI, merupakan Media Partner Pencinta Alam Indonesia yang didirikan oleh sekelompok pencinta alam Jawa Timur atas dasar hobi jurnalistik dan azas sukarela.

WARTAPALA INDONESIA (WI) sebagai media partner Pencinta Alam Indonesia yang menjadi penyebar informasi dunia Kepencintaan alam/kegiatan alam bebas/lingkungan, dan wadah bagi jurnalis Pencinta Alam/alam bebas/lingkungan.

picasion.com_de58394176c77addc91cf630da1cd1d2

Sebagai media Partner Pencinta Alam dibawah naungan Yayasan Wartapala Indonesia (WIEF), media Wartapalaindonesia.com memiliki agenda setting sebagai penyebar berita positif “good news is also good news” di dunia kepencintaan alam/kegiatan alam bebas/lingkungan.

Dengan berdasarkan Kode Etik Pencinta Alam, Kampanye safety berkegiatan di alam bebas, Pendidikan Pencinta alam, Konservasi alam serta Advokasi lingkungan.

Dengan hadirnya media khusus Kepencintaan Alam (Wartapala Indonesia), bagi masyarakat umum diharapkan memahami apa dan bagaimana sejatinya dunia kepencinta alaman. Bagi insan Pencinta Alam sendiri khususnya, media Wartapala Indonesia berperan sebagai penyambung pikiran dalam memahami esensi pencinta alam.

Bagi organisasi pencinta alam baik OPA, Mapala dan Sispala, Wartapala Indonesia berperan aktif sebagai media partner pencinta alam yang selalu memberitakan kegiatan maupun informasi seputar dunia kepencinta alaman.

Wartapala Indonesia juga berfungsi sebagai wadah untuk menyalurkan opini serta keilmuan tentang  kepencinta alaman. Selain itu, Wartapala Indonesia siap melayani penyaluran ilmu jurnalistik kepada masyarakat dalam rangka penyebaran ilmu pengetahuan.

Dan pada akhirnya Wartapala Indonesia dapat menjadi jembatan dalam rangka penyadaran pentingnya keilmuan dalam berkegiatan di alam bebas serta menjadi pembela lingkungan melalui media dan opini publik menuju kelestarian alam dan lingkungan yang lebih baik.

Wartawan WI berada di seluruh daerah di Indonesia yang merupakan para relawan yang bekerja tanpa pamrih untuk menyebarkan berita baik dan informasi faktual demi ilmu pengetahuan. Wartapala Indonesia berprinsip “Good News is also Good News” di mana berita baik juga bisa menjadi berita menarik.

SEJARAH

Wartapala Indonesia berdiri pada hari Sabtu tanggal 07 Februari 2015 di Surabaya oleh sekelompok aktivis Pencinta Alam Jawa Timur. WI didirikan bukanlah untuk kepentingan pribadi maupun kepemilikan pribadi, WI adalah milik semua insan pencinta alam di Indonesia yang dikelola oleh yayasan.

Wartapala Indonesia menjadi media partner pencinta alam di Indonesia dengan badan hukum yayasan sesuai akta notaris Nomor 10, tanggal 03 Pebruari 2016 oleh notaris Tantien Bintarti S.H., di Sidoarjo dan SK Kemenkumham AHU-0007958.AH.01.12.Tahun 2016 tanggal 11 Pebruari 2016

Diperbaruhi kembali pada Tanggal 07 April 2016 dengan Daftar Yayasan Nomor AHU-0020060.AH.01.12. sebagai Perusahaan Pers berbadan hukum Yayasan dan didaftarkan sebagai Media Siber (on line) di Dewan Pers pada tanggal 07 April 2016.

VISI

Menjadi media partner bagi insan maupun organisasi pencinta alam di Indonesia dengan prinsip “good news is also good news” yang berarti “berita baik juga bisa menjadi berita yang menarik”.

MISI

  • Melakukan kegiatan usaha mengumpulkan dan menyebarkan berita melalui media siber, media cetak maupun media elektronik dengan tujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat umumnya dan Pencinta Alam khususnya sebagai informasi yang dikelola oleh yayasan.
  • Melakukan penerbitan berkala meliputi majalah, tabloid, surat kabar harian, dan lain-lain serta penerbitan lainnya yang diterbitkan dalam jangka waktu tertentu sekurang-kurangnya 3 (tiga) bulan sekali, termasuk media siber.
  • Kantor berita, sebagai kantor berita yang menerima dan menyebarkan informasi dan memperdagangkan hasil-hasil penerbitan pers.
  • Menjadi media partner Pencinta Alam, Alam Bebas dan Lingkungan di Indonesia.
  • Memberikan pendidikan dan pelatihan jurnalistik kepada masyarakat.

 

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)