Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Wall Climbing

Caption foto: Foto ketika persiapan wall climbing. (foto oleh: @eigeradventure). (WARTAPALA INDONESIA/ Eiger Adventure)

Wartapalaindonesia.com, EDUKASI – Berbeda dengan mendaki gunung, wall climbing adalah olahraga panjat tebing yang medianya sudah dimodifikasi dari tebing gunung (rock climbing) menjadi papan buatan atau tembok yang tidak kalah menantang. Kalau kamu tertarik mencobanya, baca dulu tips wall climbing buat pemula ini.

  1. Latih Kekuatan Fisik
    Tidak hanya membutuhkan kekuatan lengan saja, namun hampir semua otot tubuh berperan besar untuk mencapai puncak wall climbing. Kamu bisa memulai dengan berlari secara rutin untuk melatih pernapasan dan latihan beban yang sederhana, seperti push up dan sit up untuk membentuk ketahanan dan kekuatan otot.
    2. Tingkatkan Kelenturan Tubuh
    Selain kekuatan fisik, kelenturan tubuh juga dibutuhkan agar kamu bisa melewati rintangan yang ada dengan cepat. Selalu biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum mulai memanjat, lebih baik lagi bila kamu melakukan olahraga kardio secara rutin.
    3. Persiapkan Mental
    Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dalam wall climbing adalah mental yang kuat dan tidak mudah menyerah. Kamu harus yakinkan diri kamu untuk mampu mencapai puncak.
    4. Utamakan Keselamatan
    Sebelum memulai pemanjatan, periksa sekali lagi perlengkapan keamanan yang kamu gunakan, seperti tali, harness, karabiner, sepatu, dan helm.

Menurutmu bagaimana, Eigerian?
*Berbagai sumber: #EigerAdventure #EigerTropicalAdventure #ExploreToShare #EigerInfo

Sumber artikel: @eigeradventure (instagram)

Kontributor ||  Eiger Adventure

Editor || Dewi Ayuningtyas, WI 190042

 

 

 

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: