Mahipal Sukses Gelar Pelatnas Cave Rescue

Wartapalaindonesia.com, TUBAN – Mahipal, organisasi pencinta alam di Universitas Ronggolawe Tuban, sukses menggelar acara berskala nasional dengan tema “Kursus Fotografi Gua dan Cave Rescue”. Acara yang dikemas dalam tiga sesi ini berhasil menyedot antusiasme para caver di seluruh nusantara tidak hanya peserta yang berasal dari Pulau Jawa, peserta luar Jawa seperti Kalimantan dan Sulawesi juga ikut menghadiri pelatnas ini. Kegiatan yang sangat bermanfaat ini berlangsung selama 3 hari dimulai pada tanggal 5 – 7 Maret 2015 dengan tiga agenda besar.

Diawali dengan seminar nasional dengan judul “Peran Fotografi terhadap Pelestarian Lingkungan” pada tanggal 5 Maret 2015 dan bertempat di Kampus UNIROW Tuban dengan pemateri Dinas Pariwisata dan Cahyo Alkantana Presiden HIKESPI (himpunan speleologi Indonesia), dengan total 62 peserta yang berasal dari perwakilan organisasi pencinta alam di Indonesia.

Dihari yang sama setelah seminar nasional usai, para peserta kursus fotografi dan cave rescue mendapatkan porsi materi di kampus UNIROW Tuban dengan masing-masing pemateri fotografi adalah Adi Kusuma dan pemateri cave rescue tim dari Hikespi.

Dilanjut hari kedua tepatnya pada tanggal 6 Maret 2015, para peserta kursus langsung diajak untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh sebelumnya di Goa Putri Asih – Montong bagi peserta kursus fotografi dan di Luweng Wareng Grabagan, Luweng Kepleng Grabagan dan Goa Cumpleng Grabagan bagi peserta cave rescue.

Dihari terakhir pada tanggal 7 Maret 2015, peserta kursus melanjutkan aplikasi materi yang masing-masing berada di Luweng Wareng Grabagan untuk kursus fotografi dan Luweng Wareng Grabagan, Luweng Kepleng Grabagan untuk cave rescue.

Apresiasi dan harapan dari para peserta pun berdatangan, salah satu komentar peserta yang berhasil dikutip dari pernyataan ketua pelaksana kegiatan Lia Rahayu Nurrohmah mahasiswa Pendidikan Matematika angkatan 2013 adalah “Kita sangat berterimakasih kepada pihak panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan ini karena dengan adanya kegiatan ini, kita bisa mengembangkan ilmu speleologi, khususnya cave rescue, dan kita bisa saling menyambung tali silaturahmiu antar pencinta alam.”

Dengan berakhirnya pelatnas ini, Mahipal telah sukses mencapai goal kegiatan yang mana silaturahmi antar anggota pencinta alam semakin erat dan pemahaman teknik rescue yang dipahami dengan baik oleh para peserta untuk kegiatan caving kedepannya. Penutupan kegiatan disyukuri dengan bakar kambing guling.

Kontributor : Lia Rahayu Nurrohmah

Editor           : Nur Khafidoh

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081553355330 (Telp/SMS/WA)

Dokumentasi Mahipal
2 seminar resize
3 seminar resize
6 persiapan aplikasi rescue resize
7 aplikasi rescue resize

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: