Mangrove untuk Aku, Kamu dan Kita

Caption foto: Mangrove (sumber foto: gatra.com). (WARTAPALA INDONESIA/ Jenny Puteri Armanda Pramidita)

Wartapalaindonesia.com, EDUKASI – Sebelumnya, apakah kalian tahu apa itu mangrove? Banyak orang mungkin telah mengetahui apa itu mangrove.

Mangrove atau biasa disebut bakau merupakan tumbuhan yang terdapat di daerah pasang surut. Mangrove memiliki beberapa macam habitat yaitu, laguna, muara sungai, delta dan rawa.

Adapun faktor yang mempengaruhi mangrove ialah, suhu dengan di atas 22 derajat celcius, curah hujan yang tinggi mencapai 2500-3000 mm/th dapat juga menjadi pengaruh pada mangrove dan tropis penyinaran matahari penuh.

Mangrove memiliki kajian manfaat, yang pertama kajian senyawa Bioaktif; sebagai bahan makanan anti bakteri, anti jamur, anti kanker dan anti oksidan. Kedua, kajian Ekowisata; sebagai alternatif upaya konservasi ekosistem mangrove.

Mangrove adalah salah satu sumber daya alam, oleh karena itu mangrove harus tetap terlestarikan dan dilindungi, lebih tepatnya mangrove disebut hutan lindung. Mangrove memang memilki banyak manfat dan juga  dibutuhkan oleh manusia, karena mangrove sangat penting bagi manusia maupun alam.

Masyarakat pun memilki peran yang penting dalam rehabilitas pada hutan mangrove agar tetap terlindungi dan terlestarikan, termasuk Aku, Kamu, dan Kita. Dalam rehabilitas hutan mangrove harus terdapat perencanaan, pelaksanaan, sosialisasi, pelatihan dan penyuluhan, pendidikan lingkungan, pengembangan mata pencaharian alternative, penanaman mangrove, pemeliharaan, wisata mangrove, penyiangan dan penyulaman, penjarangan dan perlindungan tanaman.

Mangrove untuk Aku, Kamu dan Kita. Apakah kalian tahu maksud dari judul di atas?

Sudah jelas mangrove merupakan hal yang penting bagi kita. Mangrove yang terlindungi dan terlestarikan akan menjadi suatu sumber daya alam yang sangat indah. Mangrove tidak hanya penting bagi saya sendiri tapi penting bagi Aku, Kamu dan Kita,.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama untuk tetap melidungi dan melestarikan hutan lindung mangrove.Tidak rugi bagi kita untuk melestarikannya namun sangat untung bagi kita jika kita terus melestarikannya serta melindunginya.

Kelestarian lingkungan hidup amatlah penting bagi kita. Menjaga mangrove merupakan bagian dari tindakan nyata atas kepedulian kita terhadap lestarinya alam dan kehidupan. Mulai dari diri sendiri, marilah jaga lingkungan demi hidup dan kehidupan.

Kontributor || Jenny Puteri Armanda Pramidita

Editor || Amita Pradana Putra, WI 150002

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: