Menggapai Puncak Kencana, Gunung Kecil Yang Menantang di Bogor

Caption foto: Pendaki saat berada di puncak Gunung Kencana. (WARTAPALA INDONESIA/ Mutia El Ilmi)

Wartapalaindonesia.com, FEATURE – Bogor memang dikelilingi oleh banyak wisata yang mengangumkan. Tak heran jika banyak orang yang berlibur ke Bogor untuk sekedar memanjakan matanya. Sebab pemandangannya indah dan udaranya yang sejuk.

Salah satunya adalah wisata mendaki gunung. Banyak gunung yang berada di Bogor, diantaranya Gunung Salak, Gunung Gede hingga Pangrango.

Namun ada satu gunung kecil di Bogor yang menantang yaitu Gunung Kencana. Gunung ini memiliki ketinggian 1.803 mdpl (meter di atas permukaan laut) yang terletak di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Untuk berkunjung ke Gunung Kencana, kalian bisa masuk melalui kawasan wisata Telaga Warna, namun sebelumnya kalian harus melapor ke satpam yang dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 per-orang.

Setelah itu akan disambut dengan perjalanan yang menantang melewati bebatuan tajam untuk menuju Kampung LC (Lahan Cadangan), merupakan titik terakhir pemberhentian kendaraan sebelum memasuki jalur pendakian Gunung Kencana. Untuk simaksi kendaraan dikenakan sebesar Rp. 15.000 per-motor.

Gunung kecil ini memiliki pemandangan yang indah, dengan hamparan-hamparan hijaunya perkebunan teh membuat suasana menjadi sejuk dan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Selain hamparan perkebunan teh, kalian bisa melihat megahnya pesona Gunung Gede dan Gunung Pangrango dari kejauhan.

Ketika ingin mendaki Gunung Kencana, kalian harus melewati beberapa anak tangga yang terbuat dari kayu. Inilah yang disebut sebagai keunikan dari Gunung Kencana yaitu “Tanjakan Sambalado”.

Tanjakan ini memiliki jarak antar anak tangganya cukup tinggi, sehingga perlu melangkahkan kaki setinggi mungkin. Melewati medan seperti ini cukup melelahkan. Namun setelah itu tidak ada lagi halangan yang begitu berat untuk sampai ke puncak.

Berbeda dari puncak gunung pada umumnya dimana sudah didukung oleh beberapa fasilitas. Lain halnya dengan Gunung Kencana, karena di sini tidak begitu banyak fasilitas yang ditemukan.

Adapun beberapa fasilitas yang bisa ditemukan seperti pos pemberhentian. Hanya ada dua  pos yang akan ditemui di sepanjang jalur pendakian. Dengan menempuh perjalanan kurang dari satu jam saja kita sudah bisa berdiri di Puncak Gunung Kencana.

Fasilitas lainnya yang bisa ditemukan berupa camping ground, tempat dimana para pendaki yang ingin berkemah. Di sini sudah tersedia lahan yang cukup luas untuk menampung puluhan tenda. Selain menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian, kalian dapat berkemah di puncak Kencana dengan biaya sebesar Rp. 20.000 per-malam.

Bila hendak berkunjung ke Gunung Kencana, sebaiknya pada pagi atau sore hari. Namun sebelum mendaki gunung ini tetaplah harus mempersiapkan mental dan fisik, karena perjalanan yang akan ditempuh cukup menantang. Gunung Kencana cocok sekali untuk pendaki pemula dan biasanya gunung ini digunakan untuk pendidikan dasar pencinta alam oleh Mapala (Mahasiswa Pencinta Alam).

Jadi buat kalian yang suka hiking, cobalah untuk mendaki Gunung Kencana ini. Tidak usah khawatir di sini sudah terdapat papan petunjuk jalan untuk sampai di atas puncak Kencana.

Meskipun treknya cukup menantang pastikan kondisi tubuh kalian dalam keadaan sehat ya. Kemudian buat kalian yang mendaki Gunung Kencana janganlah melewati batas tali yang sudah dipasang oleh pengelola ketika berada di puncak dan jangan lupa untuk membawa sampah turun akan lebih baik lagi jika kalian mau membersihkan sampah di sekitar.

Kontributor || Mutia El Ilmi, 200083

Editor || Danang Argantara, WI 200050

Pendaki saat berpose di Tanjakan Sambalado, Gunung Kencana.

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: