Pentingnya Pendidikan Latihan Dasar

Caption foto: Anggota Mapala saat ikuti Diklatsar. (WARTAPALA INDONESIA/ Akmal Abdullah)

Wartapalaindonesia.com, PERSPEKTIF – Dalam dunia pendidikan reguler, kita hanya diajarkan tentang IQ atau ilmu pengetahuan saja. Namun berbeda dengan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Mapala.

Kita tidak hanya diajarkan tentang IQ atau ilmu pengetahuan saja akan tetapi mendapatkan pendidikan tentang EQ dan SQ. Diklatsar Mapala tentu memperhatikan tigas aspek mulai dari IQ, EQ dan SQ.

Pertama, Kecerdasan Intelektual atau Intellegence Qoutient (IQ). IQ merupakan kecerdasan kognitif (aktivitas berpikir), yang erat kaitannya dengan kemampuan mengingat, memahami, menganalisa, mengevaluasi, dan memecahkan masalah.

Kedua, Kecerdasan Emosional atau Emotional Qoutient (EQ). EQ merupakan kecerdasan emosi, yang erat kaitannya dengan kemampuan mengontrol perasaan diri sendiri, mengenali perasaan orang lain, adaptasi, kerjasama, disiplin, tanggung jawab, dan komitmen.

Ketiga, Kecerdasan Spiritual atau Spiritual Qoutient (SQ). SQ merupakan kecerdasan jiwa yang erat kaitannya dengan kemampuan untuk bertindak jujur, adil, menghargai, kasih sayang, toleransi, empati, rendah hati, sikap ramah, dan sebagainya.

SQ juga berarti kemampuan seseorang untuk mengerti dan memberi makna pada apa yang dihadapi dalam kehidupan. SQ merupakan sumber bimbingan atau pengarahan bagi dua kecerdasan lainnya (IQ dan EQ).

Ketika seseorang ingin bergabung dalam Mapala, tentu setiap calon anggota harus melalui beberapa proses dan prosedur yang berlaku. Proses itulah yang menjadikan seseorang itu memahami dan bisa mengartikan betapa pentingnya sebuah perjalanan untuk mencapai sebuah tujuan.

Untuk bergabung bersama Mapala, setiap calon anggotanya harus mengikuti Diklatsar terlebih dahulu. Pendidikan ini untuk melatih mental dan fisik calon anggotanya agar dapat bertahan (survive) dalam kondisi apapun. Bahkan ketika mengalami kondisi cuaca yang buruk dan dilatih kemampuannya untuk mandiri. Tak hanya itu, dalam Diklatsar Mapala juga diajarkan kebersamaan, menumbuhkan solidaritas sehingga mampu bekerjasama dan saling membantu antar sesama.

Peran Diklatsar Mapala sangatlah penting, baik bagi setiap calon anggota maupun bagi Universitas. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Mapala ini akan mendidik mental dan juga kepribadian setiap calon anggota. Tentunya, Universitas akan memiliki Sumber Daya Manusia yang unggul, mampu berkontribusi dengan baik dalam kegiatan Universitas maupun kegiatan sosial di masyarakat.

Kontributor || Akmal Abdullah, WI 200208

Editor || Dewi Ayuningtyas, WI 190042

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: