Self Safety untuk Sang Pendaki

Caption foto: Salah satu pendaki saat menapaki Gunung Raung untuk mencapai puncaknya. (WARTAPALA INDONESIA/ Yoga Pratama)

Wartapalaindonesia.com, PERSPEKTIF – Sejatinya, gunung dan ketinggian adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Bagi sebagian orang, aktivitas mendaki bukanlah kata kerja baru untuk didengar. Aktivitas ini telah mendapat tempat di hati remaja hingga dewasa.

Namun yang perlu digaris bawahi, kegiatan yang satu ini bukan hanya sekedar ajang untuk unjuk kehebatan. Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk memulai kegiatan ini. Mulai dari fisik yang prima hingga persiapan yang matang dari segi peralatan dan logistik.

Selain itu, ada satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan kegiatan hiking ini. Hal tersebut ialah mengetahui medan pendakian yang akan dituju. Penting untuk mengetahui hal ini sejak dini, karena masing-masing gunung memiliki karakteristik medan tersendiri.

Seperti salah satu gunung berapi yang berada di Banyuwangi, Jawa Timur ini. Gunung Raung, yang kerap kali dijuluki gunung extreme Pulau Jawa. Disebut sebagai gunung extreme karena medannya yang terjal dan menanjak.

Gunung Raung ini memiliki tiga titik puncak, yaitu Puncak Bendera atau Puncak 17, Puncak Tusuk Gigi, dan yang tertinggi adalah Puncak Sejati (3.344 Mdpl). Untuk mencapai puncak tertinggi dari Gunung Raung ini, dari basecamp Bu Suto memerlukan estimasi waktu perjalanan 4 hari 3 malam.

Nah, bagi kalian yang ingin menaklukkan Puncak Sejati dari gunung tertinggi ke empat di Pulau Jawa ini, kalian wajib menyiapkan self safety. Alat-alat yang perlu dipersiapkan seperti tali karmentel statis, figur of eight, carrabiner delta screw, harness, webbing, helm, jumar, dan sarung tangan.

Bagi kalian yang ingin atau mungkin sudah mengagendakan untuk berpergian ke gunung dengan medan terjal dan cukup menanjak, pastikan untuk menyiapkan kelengkapan self safety tersebut. Tentunya, agar perjalanan mendaki tetap aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Kontributor || Yoga Pratama, WI 200224

Editor || Jelita Sondang Samosir, WI 170020

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: