DIKJUT Divisi KLH MAWAPALA, Analisa Vegetasi Mangrove Pesisir Mangunharjo

Peserta DIKJUT divisi KLH Mawapala melakukan analisa vegetasi mangrove di kawasan pesisir Mangunharjo, Tugu, Kota Semarang, Jumat (4/5/2018). (WARTAPALA INDONESIA/ Mohammad Arkham Zulqirom Putera)

Wartapalaindonesia.com, SEMARANG – Jumat (4/5/2018) Divisi Konservasi Lingkungan Hidup (KLH) MAWAPALA   UIN Walisongo Semarang mengadakan kegiatan pendidikan lanjutan (DIKJUT) untuk kader dari warga muda.

Dikjut ini dilaksanakan sebagai proses dalam masa bimbingan setelah menjalani pendidikan dasar pencinta alam (PENDAPA) dan juga tahapan untuk menjadi warga penuh di MAWAPALA  .

Kegiatan berlangsung selama tiga hari, muali dari tanggal 4 sampai 5 mei 2018.

picasion.com_de58394176c77addc91cf630da1cd1d2

Kegiatan yang dilakukan adalah melakukan analisa vegetasi (ANVEG) mangrove di kawasan pesisir Mangunharjo, kelurahan Mangunharjo, kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Lokasi ini dipilih karena sebelumnya, pada tahun 2015 dan 2017 MAWAPALA   melakukan penanaman mangrove dilokasi ini pada peringatan hari bumi sedunia. Meski begitu, MAWAPALA belum pernah melakukan pemantauan mengenai kondisi mangrove yang telah ditanami.

Tujuan ANVEG ini adalah untuk mengetahui INP (Indeks Nilai Penting) yang menunjukkan dominansi dan kondisi ekologi dari lokasi penanaman tahun 2015 dan 2017.

Peserta kegiatan DIKJUT KLH terdiri atas 5 orang, yaitu Hani Pramono (Lemek) sebagai kader divisi KLH, M.ArkhamZ.P  (Gemblong) selaku kadiv, Muhammad Yasin (Satiman) selaku instruktur, Nandi Setiawan (Kijang) dan Muhammad Syarifudin (Pedot) selaku pendamping.

Jum’at sore peserta melakukan upacara pemberangkatan DIKJUT. Kemudia setelah maghrib peserta berangkat menuju lokasi, dan pukul 18.50  WIB tiba di tempat peristirahatan.

Pada hari Sabtu, peserta melakukan ANVEG di lokasi penanaman 2017 dan hari Minggu melakukan ANVEG di lokasi penanaman 2015.

Sabtu pagi (5/5/2018), setelah sarapan dan bersiap, peserta melakukan briefing dan doa bersama yang dipimpin oleh Hani Pramono (Lemek). Setelah bersiap, semua peserta kemudian berangkat menuju lokasi penanaman. Sesampainya dilokasi, peserta langsung dibagi tugas untuk melakukan ANVEG.

Pertama-tama, peserta melakukan pengukuran luas total lokasi penanaman dengan pita meter, lalu mengkategorikan tanaman, membuat plot dan mengamati setiap plot.

Setelah berakhir pada pukul 11.30 WIB, peserta istirahat dan dilanjut survey tempat untuk lokasi penanaman tahun 2015. Malamnya dilakukan evaluasi dan briefing lagi, setelah itu melakukan olah data untuk kegiatan ANVEG tadi pagi kemudian istirahat untuk persiapan besok.

Minggu (6/5/2018), setelah persiapan sudah siap, seperti biasa dilakukan briefing dan doa bersama, lalu langsung berangkat menuju lokasi. Kegiatan yang dilakukan sama, tapi lokasinya yang berbeda.

ANVEG di lokasi penanaman tahun 2015 ini hanya membutuhkan satu plot ukuran 5×5 meter untuk pengambilan data. Yang melakukan ini semuanya dari kader, mulai dari pengukuran sampai pengamatan dengan dipantau dan didampingi. Tujuanya agar kader dapat benar-benar mempraktekan materi yang telah disampaikan.

Setelah selesai, pukul 13.00 WIB kawan-kawan kembali ke tempat istirahat untuk bersih-bersih dan istirahat. Kemudian Sorenya pukul 17.00 WIB, setelah packing semua barang-barang, peserta langsung pamit pada Sururi selaku tokoh masyarakat dan ketua budidaya mangrove disana.

Seusainya kegiatan, peserta kembali lagi ke Basecamp Mawapala.

Satu Pesan dari Sururi adalah “Kita sebagai manusia harusnya menjaga lingkungan agar tetap lestari”. Semoga kegiatan DIKJUT KLH ini menjadi pendidikan yang bagus untuk kader sebagai generasi baru dan penerus kedepanya dan juga bisa bermanfaat untuk lingkungan.

Kontributor || Mohammad Arkham Zulqirom Putera

Editor || Nurlela Fatmawati

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan