Forum Masyarakat Peduli Bendungan Gintung Olah Sampah Jadi Emas

Caption foto: Masyarakat tergabung FPMBG gelar Pelatihan Pengelolahan sampah Rumah Tangga, (WARTAPALA INDONESIA/Yogi Handika, UKM KMPLHK RANITA)

Wartapalaindonesia.com, TANGSEL – Masyarakat yang tergabung kedalam Forum Masyarakat Peduli Bendungan Gintung (FPMBG), gelar pelatihan pengelolaan sampah Rumah Tangga menjadi produk tepat guna atau Sampah jadi Emas (bernilai ekonomi).

Ketua FMPBG, Edy Sasongko, dalam menggelar pelatihan tersebut memiliki harapan tinggi, dengan setidaknya dengan adanya pelatihan ini dapat mampu mengurangi sampah di sekitar Bendungan Gintung dan menimbulkan nilai ekonomi dari hasil sampah yang telah diolah.

“Pelatihan ini berlangsung dua hari, yakni 9 hingga 10 November 2022. Semoga melalui kegiatan ini dapat membuat Gintung menjadi lebih cantik dan terwujudnya kawasan wisata Bendungan Gintung,” ucap Ketua FMPBG, Edy Sasongko, Rabu (09/11/2022) kemarin.

Caption foto: Hasil olahan sampah Rumah Tangga oleh Masyarakat tergabung FPMBG saat gelar Pelatihan (WARTAPALA INDONESIA/Yogi Handika, UKM KMPLHK RANITA)
Caption foto: Hasil olahan sampah Rumah Tangga oleh Masyarakat tergabung FPMBG saat gelar Pelatihan (WARTAPALA INDONESIA/Yogi Handika, UKM KMPLHK RANITA)

Dengan adanya pelatihan ini, pihaknya mengharapkan warga setempat dapat memanfaatkan sampah yang ada di rumah tangga menjadi produk tepat guna. Sehingga memberikan nilai ekonomis dan mengurangi produksi sampah. Dalam kegiatan pelatihan ini peserta dibagi menjadi tiga kelompok yakni, pengolahan sampah plastik, pengolahan sampah kayu, dan pengolahan sampah telur yang dibimbing oleh pelatih.

“Kita berharap dengan pelatihan pengelolaan sampah ini para ibu-ibu dan bapak-bapak bisa memanfaatkan sampah untuk memberikan penghasilan tambahan, selain itu produk yang telah dibuat oleh peserta akan diikutsertakan dalam pameran UMKM yang diadakan oleh Kementerian PUPR pada tanggal 19 November” ungkap Edy.

Pelatihan yang diikuti sebanyak 30 orang peserta dari kelompok masyarakat yang ada disekitar Bendungan Gintung, ini menghadirkan pemateri penggiat lingkungan hidup ternama, salah satunya Bob Novandy yang dijuluki sebagai “Raja Lampion”.

Bob Novandy telah memperoleh berbagai penghargaan dalam bidang pengolahan sampah plastik dan bintang tamu pada acara Kick Andy. “Saya berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut dan kita bersama-sama bisa mewujudkan Bendungan Gintung yang lebih asri, nyaman, dan damai”, ujar Bob.

Ia juga menyarankan berbagai program yang berkaitan dengan pengolahan sampah plastik yang bisa dilaksanakan oleh masyarakat seperti Gerakan Kebangkitan Kader Sadar Lingkungan dan Gerbang Darling.

Kontributor || Yogi Handika, UKM KMPLHK RANITA

Editor || Soprian Ardianto, WI 200136

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

1 Comment

  • Ellismardiana , November 13, 2022 @ 4:47 pm

    Saya mami ellis di kelompok om Leo membuat cangkang telur dijadikan tempat tusuk yg nilai etniknya wah keren dan membuat nya butuh kesabaran dan tantangan thx om Leo dg sabar bimbing kami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.