WARTAPALA INDONESIA

Makasar Mengadakan Pameran Pembangunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Caption foto: Memperkenalkan program Jelajah 54 Taman Nasional Indonesia di ajang Indofest. (WARTAPALA INDONESIA/ Ratdita Anggabumi T.)

Wartapalaindonesia.com, MAKASAR – Taman Nasional merupakan salah satu bentuk hutan konservasi, di antara bentuk lainnya. Taman Nasional dikelola melalui pembagian zona-zona pengelolaan. Diantaranya adalah zona: inti, rimba, pemanfaatan, tradisional, dan jenis zona-zona lainnya sesuai dengan kondisi dan tujuan pengelolaan masing-masing Taman Nasional.

Masing-masing zona tersebut dapat kita kunjungi sesuai fungsi dan aturannya. Baik itu untuk wisata umum maupun penelitian dan pendidikan serta minat khusus.

Baraka Bumi dengan dukungan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui programnya yang bernama Jelajah 54 Taman Nasional Indonesia, telah melakukan observasi di beberapa kawasan Taman Nasional.

Hasil dari observasi tersebut dipaparkan secara berkala, melalui talkshow dan pameran, agar informasi di dalam Taman Nasional dapat diterima dan dipahami oleh masyarakat maupun kepada pihak-pihak yang terkait.

 “Adanya kegiatan ini diharapkan adanya interaksi antara masyarakat dengan Taman Nasional dapat terjalin dengan baik,” tutur Harley B. Sastha dari Baraka Bumi kepada Wartapala.

Harley juga menyampaikan bahwa ia bersama Ir. Wiratno, M.Sc. Direktur Jenderal KSDAE, Faat Rudhianto Kepala Balai TN Takabonerate, Yusak Mangetan Kepala Balai TN Bantimurung-Bulusaraung, dan Kuswandono Kepala Balai TN Gunung Ciremai, tanggal 6 April 2019 akan menjadi narasumber talkshow tentang Taman Nasional dan Peran Generasi Zaman Now Terhadap Konservasi Alam di Celebes Convention Center, Makasar, Sulawesi Selatan.

Di tempat yang sama juga akan dilaksanakan Pameran Pembagunan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indogreen 2019. Pameran ini akan digelar 4-7 April 2019 di Celebes Convention Center Makasar, Sulawesi Selatan.

Diharapkan dengan diadakannya acara tersebut, masyarakat yang berada di sekitar Makasar dapat menyerap informasi seputar lingkungan hidup dan kehutanan, serta terkait pengelolaan Taman Nasional di Indonesia.

 Kontributor || Ratdita Anggabumi T, WIJA Jakarta

Editor || N. S. Kusmaningsih

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: