Melanjutkan Mendampingi Korban Gempa Relawan SARMMI Pindahkan Posko Kemanusiaan ke Pemukiman

Caption Foto : Posko Kemanusiaan SARMMI berada di perkebunan sawit. Area ini merupakan camp pengungsian korban gempa Pasaman, Sumatera Barat.  (WARTAPALA INDONESIA/Ananda Aditia. Mapala UMRI)

WartapalaIndonesia.com, Pasaman Barat – Setelah 12 hari tim Relawan SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia) mengoperasikan Posko Kemanusiaan yang dididirkan di perkebunan sawit guna mendampingi 500 jiwa korban gempa Pasaman, mulai rabu (9/3/2022), Posko Kemanusiaan SARMMI pindah ke area pemukiman.

Sekarang Posko Kemanusiaan SARMMI berada di Desa Lubuk Panjang. Jorong Kampung Alang. Nagari Kajai. Pasaman Barat. Sumatera Barat.

Desa Lubuak Panjang dipilih sebagai Posko Kemanusiaan SARMMI karena merupakan desa asal korban gempa yang mengungsi di perkebunan sawit. Tempat Posko Kemanusiaan SARMMI berada.

“Semula kami mendampingi mereka di kebun sawit. Kini mereka mulai pulang ke desanya. Kami pindah posko ke desa mereka untuk melanjutkan pendampingan,” kata Sekretaris Posko Kemanusiaan SARMMI, Junita Tiara.

Ditambahkan oleh Tiara yang merupakan ketua Umum Mapala UMSB, (Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat), hubungan akrab antara para relawan dan warga desa Desa Lubuk Panjang yang terjalin saat sama-sama berada di pengungian kebun sawit, akan memudahkan pendampingan lanjutan.

Pada pendampingan lanjutan ini terang Tiara, tim SARMMI yang berasal dari relawan Mapala UMSB. Relawan Mapala UMRI (Univ. Muh. Riau) dan relawan Mapala UMY (Univ. Muh. Yogyakarta) akan melakukan beberapa kegiatan kemanusiaan.

Di antaranya adalah mendirikan mushola darurat. Melaksanakan TPA darurat. Menyelenggarakan sekolah darurat dan pendampingan psikososial untuk anak-anak. Membuat emergency Toilet. Mendirikan hunian darurat untuk kelompok rentan.

“Kegiatan kemanusiaan yang kami rancang relevan dengan kondisi warga. Semua ini kami maksudkan agar kehidupan warga korban gempa Pasaman segera pulih seperti sebelum terjadi gempa,” pungkas Tiara. (AS)

Kontributor || Ahyar Stone, WI 21021 AB
Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 16000

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: