Peduli Gempa Pasaman Yayasan Generasi Baik Jambi Kirim Relawan dan Bantuan

Caption Foto : Di gempa Pasaman, relawan Yayasan Generasi Baik melakukan banyak kegiatan kemanusiaan. Di antaranya adalah pengobatan gratis untuk korban gempa yang tinggal di pengungsian. (WARTAPALA INDONESIA/Ahyar Stone)

WartapalaIndonesia.com, Pasaman Barat – Kiprah Yayasan Generasi Baik Indonesia di kebencanaan, tak usah diragukan.

Tiap ada kejadian bencana, Yayasan yang berkantor di Jambi ini senantiasa datang ke lokasi bencana. Seperti ke gempa di Nusa Tenggara Timur (NTT), banjir di Kalimantan, erupsi gunung Semeru di Jawa Timur dan masih banyak lagi.

Terkini, Yayasan Generasi Baik memberangkatkan relawan terlatih yang sekaligus membawa sejumlah bantuan ke lokasi gempa di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.

“Kami berangkat ke Pasaman empat orang. Kami juga membawa bantuan kemanusiaan yang relevan dengan kebutuhan korban gempa,” terang komandan regu (Danru) tim relawan Yayasan Generasi Baik Ambo Hariansyah, tatkala hendak berangkat ke Malampah. Pada Sabtu. (12/3/2022).

Selain dirinya tambah Ambo, relawan Yayasan Generasi Baik yang turut berangkat adalah adalah Eko Prasetyo yang fokus pada rescue, Dika pada medis, serta Natali di sektor psikososial.

Bantuan yang dibawa berupa kebutuhan dasar pengungsi seperti terpal, tikar, selimut, tenda, sembako dan sebagainya. Termasuk sejumlah Al Qur an.

“Bantuan kebutuhan dasar pengungsi kami salurkan ke Desa Tinggam, Timbo Abu, Kajai, Pinaga, Simpang dan Malampah,” kata Ambo.

Selama 10 hari di Pasaman, tim relawan Yayasan Generasi Baik juga menyelenggarakan pendampingan psikososial untuk anak-anak korban gempa, serta membuka dapur umum.

“Dapur umum Yayasan Generasi Baik selain untuk korban gempa juga melayani para relawan. Tiap hari tersedia menu berbeda dengan racikan bumbu yang pas,” lanjut Ambo.

Seorang relawan kemanusiaan dari tim SARMMI (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia) Amelia Putri mengaku sudah beberapa kali singgah ke dapur umum Yayasan Generasi Baik.

“Pelayanannya ramah, masakan enak-enak dan segar,” ujarnya.

Sementara itu, seorang korban gempa yang tak mau disebut namanya, mengakui dapur umum Yayasan Generasi Baik sangat bermanfaat bagi korban bencana.

“Istri saya di tenda sering tidak sempat masak. Makanan dari dapur umum Yayasan Generasi Baik benar-benar membantu kami di pengungsian,” ungkapnya. (AS)

Kontributor || Ahyar Stone, WI 21021 AB
Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 16000

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: