Tadabbur Alam di Gunung Pawitra

Caption foto: Panorama sunrise di puncak Pawitra. (WARTAPALA INDONESIA/ Alfun Salam)

Wartapalaindonesia.com, MOJOKERTO – Gunung Pawitra atau Penanggungan merupakan gunung suci. Banyak menyimpan kisah-kisah para tokoh besar Nusantara. Pramisda SMA Islam Sidoarjo pada Jumat-Sabtu, 5-6 Juli 2019 menggelar pendakian bersama ke gunung Pawitra. Pendakian ini bertujuan untuk memanfaatkan waktu liburan sekolah yang panjang dengan nilai nilai yang positif.

Memaknai tiap langkah perjalanan agar saat kembali bisa membawa hal yang baik dari sini. Seperti halnya di gunung membuang sampah di tempatnya, ketika di kota juga harus sama. Lalu harus saling tolong menolong, menghargai waktu, menghemat air, juga hidup mandiri. Itu semua tidak hanya diterapkan di gunung saja, akan tetapi saat kembali bermasyarakat juga harus diterapkan.

Banyak orang yang pamer sudah seberapa tinggi mendaki? Sudah berapa jauh kalian? Sudah berapa kali?

Itu semua percuma bila tidak memaknai serta kembali bermasyarakat dengan baik. Cuman naik turun gunung saja, sedangkan dengan masyarakat masih bermusuhan, membuang sampah juga dengan seenaknya sendiri. Dari gunung bisa mengajarkan banyak hal tergantung yang memaknainya sendiri.

“Dari sini kalian harus jadi lebih baik lagi, bila di sini kalian saling membantu saat kembali ke sekolah atau bermasyarakat juga harus tolong menolong tanpa pamrih dan tidak melihat siapa dia,” pesan pembina mereka yang akrab dipanggil kak Lebah.

Mendekatkan diri kepada Tuhan banyak caranya. Beribadah tidak hanya Sholat, Sembahyang, ke Gereja, Wihara, Pura, juga tidak hanya membaca kitab suci Nya saja. Akan tetapi memaknai alam untuk kebaikan juga termasuk beribadah yang akan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Kontributor || Alfun Salam, WI 190031

Editor || Dala Aria, WI 170013

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: