ACT Jember dan BI Berkolabirasi Datangkan HFT Siapkan 1000 Menu Ifthar

Caption foto: ACT Jember dan Bank Indonesia Siapkan 1000 Menu Ifthar dengan mendatangkan HFT (WARTAPALA INDONESIA, Kasang Heru) 

Wartapalaindonesia.com, JEMBER – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jember dan Bank Indonesia (BI) Jember berkolaborasi untuk mendatangkan Humanity Food Truck (HFT). Mobil Truk yang didesain untuk memproduksi makanan siap santap tersebut memiliki kapasitas hingga 2.000 porsi dalam sekali masak.

Unit HFT tersebut sampai di Jember pada Ahad (25/04), pukul 02.30 WIB, dengan dikawal para relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Sebelumnya, Unit HFT tersebut berada di Malang untuk menghidangkan makan siap santap bagi korban gempa yang terjadi beberapa pekan lalu di Kabupaten Malang.

Selanjutnya Unit HFT akan dijadwalkan untuk memberikan layanan makan gratis bagi masyarakat yang terdampak bencana di kabupaten Lumajang pada Rabu (28/04). Unit HFT didesain sebagai dapur umum lengkap dengan peralatan memasak yang bisa dibawa kemana – mana. Dengan kapasitas 2.000 porsi sekali masak, unit HFT ini bisa memasak hingga 2 kali dalam sehari

Seperti yang disampaikan Zaky Noerahman selaku PLT Kacab ACT Jember, Bahwa Humanity Food Truck adalah salah satu masterpiece program ACT untuk memberikan layanan makanan gratis di daerah – daerah terdampak bencana.

Dani Ardissa selaku PIC program Humanity Food Truck di Jember menyampaikan Sebelum unit HFT ke Lumajang, terlebih dahulu diminta untuk datang ke Jember dan memberikan pelayanan bagi masyarakat Jember.

“Berbeda dengan Malang dan Lumajang, Unit HFT di Jember diperuntukkan bagi kaum dhuafa, keluarga yatim, difabel dan pekerja harian yang terdampak COVID-19. Selain itu kedatangan unit HFT ini dapat menjadi syi’ar program – program kemanusiaan ACT, sehingga masyarakat Kabupaten Jember tergerak untuk menyalurkan bantuannya melalui ACT Jember, Ungkapnya.

Lanjutnya, Unit HFT ini berada di dua titik untuk pendistribusian menu ifthar (buka puasa bersama) kepada penerima manfaat. Titik pertama berada di Masjid Al Muhajirin Perumahan Gunung Batu, kecamatan Sumbersari, Kemarin (25/04). Sedangkan untuk hari ini adalah titik kedua yang terletak di Perumahan Griya Mangli Indah, Kecamatan Kaliwates.

“Masing – masing titik telah  didistribusikan 500 paket menu ifthar. Program layanan makan gratis ini sepenuhnya didukung oleh Bank Indonesia (BI) kantor perwakilan Jember,” katanya.

Ditambahkan, Amalia Masruroh selaku ketua GenBI Jember menyampaikan bahwa, Kegiat layanan makanan gratis ini adalah kegiatan sosial yang sangat bagus ditengah kondisi masyarakat yang masih dalam proses pemulihan pasca pandemi COVID-19. “Harapnya program ini dapat berlanjut,” singkatnya.

Djodi selaku penerima manfaat dari kelompok masyarakat dhuafa menyampaikan terimakasih atas bantuan layanan makanan gratis yang diberikan oleh ACT dan BI Jember. “Dengan bantuan ini sangat meringankan beban,” ungkapnya.

Diketahui pada proses pembagian turut juga para relawan dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI), Komunitas Garis Depan (GARDA), Komunitas Ojek Online Jember dan Komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember.

Kontributor || Kasang Heru

Editor || Soprian Ardianto, WI 200136

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: