Ajarkan Gaya Hidup Minim Sampah Kepada Siswa

Caption foto: Suasana saat materi berlangsung di SMPN 1 Ngoro pada Rabu (6/11). (WARTAPALA INDONESIA/ Galih Sandy Hernawan)

Wartapalaindonesia.com, MOJOKERTO – Gaya hidup minim sampah tengah dikampanyekan oleh mereka yang giat mendorong gerakan ramah lingkungan.

Begitu juga dengan Divisi Konservasi Ikatan Mahasiswa Mojopahit Pecinta Alam (IMMPA) yang kali ini ditunjuk sebagai pemateri dalam acara pembelajaran tentang lingkungan (sampah) melalui jelajah sungai. Acara ini diadakan oleh CSR Multi Bintang Indonesia di SMPN 1 Ngoro Mojokerto pada 6 November kemarin.

Kegiatan ini diikuti seluruh siswa dan siswi SMPN 1 Ngoro. Tak terlepas para guru juga ikut dalam kegiatan ini. Terlihat antusias yang tinggi dari para peserta terutama siswa dan siswi, karena ini adalah hal baru bagi mereka.

Gaya hidup minim sampah sengaja dipilih. Karena masih jarang yang tahu akan pola hidup minim sampah. Juga gaya hidup minim sampah diyakini mampu menekan volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat.

“Sengaja kami memilih materi ini karena kami ingin mengajak adik–adik SMP untuk belajar pola hidup minim sampah sejak dini juga sama-sama menjaga dan merawat Bumi,” ujar Efa selaku Kadiv Konservasi

Divisi Konservsi IMMPA tak hanya memberikan materi gaya hidup minim sampah saja tetapi juga materi tentang ecobrick. Para siswa dituntut untuk bertanggung jawab akan sampah yang mereka hasilkan. Terutama sampah plastik, yaitu dengan cara memasukkan sampah plastik ke dalam botol air mineral dan sampah tersebut dijadikan ecobrick.

“Kegitannya seru dan bagus, Kak. Saya baru tahu kalau sampah yang dibuang sembarangan juga bisa membunuh banyak binatang, karena mereka tidak bisa membedakan sampah atau makanannya,” ungkap Salsa salah satu siswi SMPN 1 Ngoro.

Kontributor || Galih Sandy Hernawan, WI 190030

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: