AMJI 2022, Semangat Kolaboratif Jaga Bumi di Momen Sumpah Pemuda

Caption foto : Penanaman mangrove di Tangerang Mangrove Center, Tanjung Pasir. (WARTAPALA INDONESIA / Stephanie AMJI)

WartapalaIndonesia.com, Jakarta – Memperingati hari Sumpah Pemuda, Penjaga Laut bersama orang muda yang tersebar di 279 titik seluruh Indonesia melakukan aksi serentak jaga bumi dalam Aksi Muda Jaga Iklim (AMJI) 2022 pada hari ini (29/10).

Yolanda Parede, Koordinator Nasional Penjaga Laut mengatakan bahwa antusias organisasi/komunitas orang muda dalam AMJI 2022 ini meningkat dari tahun sebelumnya.

“Penjaga laut dengan inisiatif tinggi berkolaborasi dengan berbagai pihak sehingga semakin banyak orang muda yang terlibat dalam AMJI 2022. Dengan begitu, harapannya AMJI dapat mengambil bagian dari perubahan bumi yang lebih baik,” Ujar Yola.

Suhu udara yang semakin panas, musim hujan dan kemarau yang tidak menentu serta cuaca ekstrem yang melanda beberapa wilayah di Indonesia merupakan tanda-tanda krisis iklim yang terlihat nyata. Hal tersebut memicu kesadaran orang muda di Indonesia dan mulai bersuara akan pentingnya menjaga bumi dari ancaman krisis iklim.

Bustar Maitar, CEO Yayasan EcoNusa mengatakan bahwa aksi bersama ini dilakukan selain untuk memberikan kesadaran terhadap dampak krisis iklim, juga membantu pemerintah dalam merehabilitasi wilayah mangrove, salah satunya di Tangerang Mangrove Center.

“Orang muda harus bisa berkolaborasi bersama semua pihak salah satunya pemerintah. Karena untuk mengurangi dampak krisis iklim, kita harus bersinergi,” ujarnya.

AMJI merupakan aksi nyata orang muda Indonesia terhadap dampak krisis iklim yang semakin terlihat nyata dalam kehidupan sehari-hari. Di tahun keduanya, terdapat banyak aksi yang dilakukan oleh organisasi/komunitas yang tersebar di Indonesia, diantaranya adalah tanam mangrove, transplantasi terumbu karang, cabut paku, pentas seni, Eco-fashion, dan lainnya.

Di titik utamanya di Tangerang Mangrove Center, Penjaga Laut yang didukung oleh BPDASHL, BKSDA, Pemkab Tangerang, Perhutani, Pramuka dan Yayasan EcoNusa, melakukan penanaman 2000 bibit mangrove dan bersih pantai yang dihadiri oleh 303 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak SD, anggota pramuka, influencers, mahasiswa, relawan dan publik lainnya.

Melalui berbagai aksi yang dilakukan serentak dalam AMJI 2022 mengajak orang muda Indonesia memaknai Sumpah Pemuda dengan aksi nyata untuk lingkungan, dengan harapan aksi ini bisa menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari sehingga membawa dampak perubahan baik untuk lingkungan dan iklim global.(AS)

Kontributor || Stephanie, AMJI
Editor || Ahyar Stone, WI 21021 AB

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.