WARTAPALA INDONESIA

Aranya Mahidara Organisasi Pecinta Alam Lakukan Kampanye “Indonesia Bebas Sampah”

Caption foto: Pengunjung CFD melakukan isi ulang air minum di botol yang dibawanya. (WARTAPALA INDONESIA/ Pevita Jayusman)

Wartapalaindonesia.com, JAKARTA – Aranya Mahidara Organisasi Pecinta Alam, mendukung program nasional “Indonesia Bebas Sampah”. Sejak Minggu pagi, 17 Maret 2019 para peserta sudah disibukkan dengan aktivitas kampanye, dengan membawa galon berisi air. Ini bertujuan untuk mengkampanyekan pengurangan penggunaan air minum dalam kemasan (AMDK).

Himbauan untuk mengganti botol kemasan dengan membawa botol tumbler disosialisasikan oleh anggota dan simpatisan Aranya Mahidara terhadap pengunjung Car Free Day (CFD) di  Bundaran HI, Jalan Sudirman–Thamrin Jakarta Pusat.

Pengunjung CFD kali ini menjadi target untuk bisa turut mendukung pola hidup zero waste sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahaya sampah plastik telah mengancam keseimbangan lingkungan.

Saat ditemui, Muhammad Syarif yang merupakan salah seorang pengurus Aranya Mahidara sedang bersiap-siap menuju Bundaran HI untuk memulai aksi zero waste. Galon yang sudah berisikan air ini adalah media kampanye, agar nanti yang membawa botol air minum bisa mengisinya kembali.

Selain itu, para peserta juga membawa kertas karton daur ulang berwarna putih bertuliskan “Isi  Botol Tumbler Rp. Seikhlasnya, Sudah Saatnya Tidak Selalu Membeli Air Dalam Kemasan.”

Aksi ini mendapat reaksi yang hangat, sekaligus dukungan dari para pengunjung CFD.

Hal itu terbukti dari pendapat salah satu pengunjung CFD tersebut.

“InsyaAllah kedepannya kami akan bergabung dan ikut dalam aksi ini,” ungkap salah satu pengunjung dengan antusias.

“Kampanye ini unik dan jarang dilakukan. Dengan kampanye ini kami merasa diingatkan kembali akan bahaya sampah plastik,” ujar beberapa pengunjung.

Selain Aranya Mahidara, ada beberapa organisasi dan komunitas lain yang konsisten dalam program zero waste ini. Ke depannya, mereka juga akan melaksanakan aksi serupa di beberapa wilayah di Jakarta.

“Sangat disayangkan, saat ini masih banyak yang belum menyadari dampak dan bahaya daripada penggunaan botol kemasan, dan sangat sedikit yang membawa botol tumbler atau botol isi ulang,” tambah Arif.

“Aranya Mahidara akan terus mengadakan aksi ini. Semoga ke depannya tidak hanya membawa galon untuk isi ulang air saja, tapi juga dengan menawarkan produk yang ramah lingkungan. Seperti sedotan ramah lingkungan, everyday mug carry dari bambu dan lain sebagainya untuk mendukung program zero waste,” ujar Hendro, Sekretaris Umum Aranya Mahidara.

Semoga aksi ini dapat membantu menyadarkan warga, sehingga dapat semakin berkurang penggunaan plastik kemasan di Indonesia. Sudah saatnya kita sama-sama merubah pola hidup kita untuk Indonesia yang lebih bersih.

Kontributor || Vita Jayusman, WIJA Jakarta

Editor || Nurlela Fatmawati

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: