WARTAPALA INDONESIA

Banyak Disayangkan Wisata Air Panas Pacet Sudah Saatnya Berbenah

Wartapalaindonesia.com, MOJOKERTO – Memasuki libur panjang Imlek Jum’at (16/2/2018), kawasan wisata air panas padusan pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur diserbu pengunjung.

Sejak pagi hari banyak keluar masuk kendaraan dari wisata Pacet air panas padusan yang terletak di lereng Gunung Welirang. Pengunjung yang datang umumnya berasal dari luar kota yang sedang memanfaatkan waktu liburnya.

Airnya yang hangat dan mengandung belerang memberikan banyak manfaat bagi pengunjung yang berendam didalamnya, diantaranya menghilangkan rasa pegal-pegal, linu, penyakit kulit, dan penyakit lainnya.

Banyak warga mojokerto dan sekitarnya yang datang setiap harinya untuk berendam “kum-kum” di air panas untuk menghilangkan rasa penat.

Di dukung dengan suasana dingin nan asri di sekitaran lokasi terdapat air terjun Cuban Canggu yang punya pemandangan indah, menjadi daya tarik tersendiri untuk mengunjungi wisata air panas padusan Pacet.

Sepanjang kiri kanan jalan menuju lokasi wisata terdapat ratusan villa yang bisa dijadikan sebagai pilihan tempat untuk menginap.

Namun, banyak juga yang mengeluhkan biaya yang cukup mahal, terutama tiket masuk ke lokasi tersebut. Menurut pengunjung, hal tersebut tak sebanding dengan fasilitas yang ada di lokasi.

Muhammad Ulil Albab (22) seorang  wisatawan asal Mojoagung, Jombang mengaku mengeluh dengan fasilitas  yang dari dulunya cuman itu-itu saja tanpa ada perkembangan sampai sekarang, dan apa lagi biaya yang termasuk cukup mahal.

“Menurut saya biaya masuknya terlalu mahal, karena bayar dua kali. Bayar di pintu gerbang masuk kemudian membayar lagi di kawasan koram renang,” ujarnya di lokasi.

Tiket masuk ke lokasi sebesar Rp 15.000 per orang. Sedangkan untuk masuk area kolam air panas, dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 7.500 untuk anak-anak. Belum lagi ditambah biaya untuk parkir Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 15.000 untuk mobil.

Memang untuk mobil mendapat fasilitas cuci, tapi dengan harga segitu terbilang terlalu mahal untuk ukuran parkir yang di kelola oleh Pemda, sementara fasilitas di lokasi masih sangat minim.

Selain itu, airnya yang kotor seolah-olah tidak pernah dikuras sehingga menimbulkan bau pesing. Fasilitas lain yang tidak sebanding dengan harganya yaitu tempat duduk yang minim, tempat ganti atau kamar mandi yang kotor.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Fitri Rohmawati warga Gedeg Mojokerto. Menurutnya, wisata Air panas Pacet Mojokerto cukup ketinggalan dengan wisata-wisata lainnya. Terutama wisata Batu Malang karena kurangnya inovasi.

Dikarenakan air panas pacet sudah lama menjadi ikon wisata di kabupaten Mojokerto, diharapkan pengelola dapat terus melakukan inovasi agar menambah daya tarik dan minat pengunjung untuk datang dan berwisata kembali.

Tulus Budi Cahyo, Pemerintahan Kabupaten Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Mojokerto, mengatakan persoalan harga tiket masuk Wisata Air Panas Pacet sudah sesuai dengan Peraturan Daerah (Pemda). Namun, untuk masalah parkir yang cukup mahal nanti akan tertibkan kembali.

Tulus juga mengatakan sistem pengelolaan Wisata Air Panas Pacet selama ini berkerja sama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Mojokerto (Pemkab), Perhutani, dan Masyarakat. Itulah alasan mengapa secara biaya cukup mahal. Semua masukan dan keluhkesan oleh para pengunjung bisa mejadi bahan evaluasi dan semoga bisa ditindak lanjuti.

Kontributor : Reza Zahid

Editor : Chalimatus Sadiah

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: