WARTAPALA INDONESIA

Demi Masa Depan Bumi yang Lebih Cerah

Wartapalaindonesia.com, EDUKASI – Aktivitas berikut dapat mulai diajarkan kepada anak sejak dini, sehingga anak pun dapat tumbuh dengan gaya hidup hijau yang sangat bermanfaat untuk melestarikan lingkungan.

Diet Plastik. Bawalah botol air minum sendiri ketika sekolah atau bepergian. Saat berbelanja di supermarket, biasakan untuk menolak kantong plastik sebagai pembungkus barang. Sebagai gantinya, gunakan tas kain yang mudah dilipat dan dibawa ke mana saja.

Hemat Energi. Matikan lampu dan peralatan listrik yang sedang tidak terpakai. Kebiasaan ini sangat bermanfaat untuk melatih disiplin pada anak.

Hemat Air. Tidak menyalakan keran ketika sedang menggosok gigi, juga membuka keran secukupnya saat mencuci tangan dan berwudhu. Selain itu, mandi dengan shower dapat menghemat air hingga 60%. Sementara bila menggunakan gayung, setidaknya menghabiskan 15 liter air dan bathub berkisar 100-300 liter.

Buang Sampah di Tempatnya. Ajak anak membersihkan lingkungan sekitar rumah atau sekolah, membiasakan membuang sampah pada tempatnya atau menyimpannya lebih dulu jika tidak menemukan tong sampah.

Berkebun. Ajak anak berkebun atau menanam tanaman hias atau pohon pelindung di pekarangan rumah. Usahakan menanam di musim hujan karena tumbuhan membutuhkan lebih banyak air pada awal perkembangannya.

Dibuang Sayang Lebih Baik Didaur Ulang. Coba daur ulang barang yang sudah tidak terpakai seperti kertas, kardus, kaleng susu, atau botol minuman menjadi barang baru yang berguna, misalnya mainan, kotak penyimpan, atau pigura. Tutorial mendaur ulang dapat dengan mudah ditemukan di internet.

Kontributor : A. Phinandhita

Editor : Ahmad Nur Fuad

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081553355330 (Telp/SMS/WA)

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: