Dikjut Caving Mawapala 2018, Aplikasi Mapping dan Rigging

Anggota Mawapala melakukan penyusuran goa Pledangan dan goa Sigepak di Donorejo, Kaligesing, Purworejo, Jumat (27/4/2018). (WARTAPALA INDONESIA/ Mohammad Arkham Zulqirom Putra)

Wartapalaindonesia.com, PURWOREJO – Jumat (27/4/2018) Divisi Caving (Penelusuran Goa) Mawapala melakukan kegiatan pendidikan lanjut atau Dikjut. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari masa bimbingan untuk warga muda Mawapala dan juga salah satu jenjang agar bisa menjadi warga penuh di Mawapala. Kegiatan berlangsung dari tanggal 27 sampai 29 April 2018.

Tempat yang dipilih adalah goa Pledangan dan goa Sigepak daerah Purworejo, tepatnya Kecamatan Kaligesing desa Donorejo. Peserta kegiatan yang ikut sejumlah sembilan orang, tiga orang dari warga muda Agung Prasetiawan (Kate), Tri Susilo (Boyo), Ahdi Fauzul Jannah (Giant), Kepala Divisi (Rahmah Devi Aninda (Jumar), instruktur dua orang (Almuidul Afwan (Podol) dan Farid Budianto (GP), dan pendamping tiga orang yakni Farchi Nabila (Ketum Babat), M.Arkham Z.P. (Gemblong) dan Vina Nafiatul Al Azizah (Pelem).

Warga muda dari divisi Caving yaitu Agung Prasetiawan (Kate) dan Ahdi Fauzul Jannah (Giant), nantinya mereka akan mengaplikasikan materi yang telah dipelajari sebelumnya saat latihan. Konsep acara dikjut yang akan dilakukan yaitu tiga hari kegiatan untuk efektif penelusuran goa selama dua hari. Nantinya akan menginap di rumah Mbah Cokro, selaku tokoh sekitar dan yang paling mengenal goa-goa di daerah Donorejo.

picasion.com_de58394176c77addc91cf630da1cd1d2

Hari pertama yang akan dilakukan adalah apliaksi Mapping di goa Pledangan dengan grade 3C, goa ini dipilih untuk Mapping karena goa vertikal ini kedalamanya tidak terlalu dalam, sekitar 30 meter, jadi tidak memakan waktu lama untuk rigging.

Tim yang masuk goa yaitu Almuidul Afwan (Podol) dan Farid Budianto (GP) sebagai instruktur, Agung Prasetiawan (Kate) sebagai rigging man dan Leader, Stationer Tri Susilo (Boyo), dan Discriptor dan medis Rahmah Devi Aninda (Jumar), Farchi Nabila (Babat) sebagai pendamping, penjaga di entrance adalah M.Arkham Z.P. (Gemblong) dan Vina Nafiatul Al Azizah (Pelem) untuk goa Pledangan. Dimulai sekitar pukul 09.00 WIB pagi sampai 18.00 WIB sore.

Setelah selesai penelusuran goa, tim kembali ke rumah mbah Cokro untuk istirahat, makan, dan melakukan evaluasi kegiatan sekaligus briefing untuk kegiatan besok.

Hari kedua, aplikasi yang akan dilakukan adalah rigging di goa Sigepak, goa ini dipilih karena memiliki kedalaman vertikal sekitar 80 meter, jadi memang untuk melakukan aplikasi rigging di goa ini dianggap cocok.

Tim penelusuran goa yaitu Leader dan instruktur oleh Almuidul Afwan (Podol), rigging man oleh Ahdi Fauzul Jannah (Giant), Agung Prasetiawan (Kate) asisten rigging, medis oleh Tri Susilo (Boyo), Rahmah Devi Aninda (Jumar) sebagai pendamping dan instruktur. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 WIB pagi sampai pukul 17.00 WIB sore.

Setelah selesai, tim langsung kembali ke rumah mbah Cokro untuk bersih-bersih dan istirahat. Setelah Isya semua peserta melakukan perjalanan kembali ke Basecamp Mawapala. Semoga dengan kegiatan Dikjut Caving ini bisa menjadikan manfaat dan juga regenerasi untuk Caver di Mawapala.

Kontributor || Mohammad Arkham Zulqirom Putra

Editor || Nurlaela Fatmawati

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan