WARTAPALA INDONESIA

Ekspedisi Acitya Meratus, Mewujudkan Generasi Peduli Kearifan Lokal

Wartapalaindonesia.com, EKSPEDISI – Selasa, (21 Agustus 2018), Mapala Stacia Universitas Muhammadiyah Jakarta kali ini mengadakan Ekspedisi Acitya Meratus dengan tema “Semangat Edukasi, Mewujudkan Generasi Muda yang Peduli Kearifan lokal dan Berintegritas”.

 Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 6 hingga 21 Agustus 2018. Desa Juhu dan Gunung Halau Halau Kalimantan Selatan Menjadi lokasi ekspedisi kali ini dengan tujuan Pengabdian Masyarakat, Eksplorisasi Budaya dan Pendataan tanaman obat.

Pulau Kalimantan adalah pulau kawasan dataran tinggi yang sebagian masih merupakan hutan tropis alami dan dilindungi oleh pemerintah dan merupakan pulau seluas 743.330 Km2.

Tepatnya Kalimantan Selatan yang menyimpan banyak kekayaan alam, dan keanekaragaman budaya. Salah satunya desa Juhu pegunungan Meratus  kebupaten Hulu Sungai Tengah, dimana banyak tersimpan kekayaan alam dan ragam budaya yang dapat digali dan dipelajari.

Desa Juhu tidak dapat dipungkiri keindahannya akan tetapi sulitnya akses jalan menuju desa ini membuat desa tertinggi di Kalimantan ini jauh dari interaksi masyarakat luar. Sistem pendidikan di desa Juhu juga menjadi sangat terbatasi dalam proses belajar dan mengajarnya, juga menjadi alasan kami untuk bersilaturahmi ke lokasi tersebut.

Sosialisasi pedesaan dilakukan di desa Juhu kecamatan Batang Alai Timur Kalimantan Selatan. Kegiatan yang dilakukan merupakan pengabdian masyarakat, mengajar di sekolah setempat, pendataan tanaman obat sampai upacara kemerdekaan RI tepat pada tanggal 17 Agustus 2018.

Disamping melakukan sosialisasi pedesaan, ada beberapa tim yang melakukan pengibaran bendera di puncak gunung Halau Halau. Pendakian memakan waktu kurang lebih empat hari, berhasil mengibarkan bendera merah putih, Stacia dan bendera Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Ternyata masih banyak saudara kita yang ada di Indonesia belum merasakan kesejahteraan. Semoga dilain kesempatan kami bisa bersilaturahmi ke tempat ini.

Saya beserta keempat belas peserta ekspedisi sangat berbahagia atas sambutan hangat seluruh masyarakat desa Juhu yang sangat bergembira dan mendukung kegiatan kami,” ujar Rifay Singgih selaku Ketua pelaksana ekspedisi.

Kontributor : Seprian Nurhidayatulloh

Editor : Alton Phinandhita Prianto

Dokumentasi : Mapala Stacia Universitas Muhammadiyah

Eksepdisi Acitya Meratus Mapala Stacia Universitas Muhammadiyah Jakarta
Eksepdisi Acitya Meratus Mapala Stacia Universitas Muhammadiyah Jakarta
Eksepdisi Acitya Meratus Mapala Stacia Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: