Ekspedisi Mandhala Menjelajahi Warisan Leluhur di Bumi Jenggala

Candi Tawangalun di Sidoarjo. Sumber : freakpals.wordpress.com (WARTAPALA INDONESIA/ Alfun Salam)

Wartapalaindonesia.com, EKSPEDISI – Ekspedisi Mandhala mengadakan perjalanan menelusuri warisan budaya di area Sidoarjo, tempat tempat yang dituju merupakan bangunan cagar budaya yakni candi dan prasasti, perjalanan ini dilaksanakan beberapa tahapan yakni tahap pertama pada tanggal 1 April, tahap kedua tanggal 8 April dan tahap ketiga adalah 14 April 2018.

Perjalanan ini memiliki misi mengenalkan warisan cagar budaya berupa bangunan pada khalayak umum, cukup ironis juga bila masyarakat Sidoarjo tidak mengetahui bahwa di kabupaten ini memiliki cukup bnyak bangunan bersejarah dari beberapa kerajaan besar di Nusantara.

Candi Medalem, candi ini terletak di desa Medalem, Tulangan Sidoarjo. Pada tahun 1991 akhir, Tamaji menemukan candi yang letaknya ada disekitar pemukiman penduduk yang awalnya kebun, saat ini komplek candi medalem dikatakan sangat terawat karena oleh warga dan peerintah dibangun pagar pembatas dan didirikan mushollah samping candi.

picasion.com_de58394176c77addc91cf630da1cd1d2
Candi Medalem, sumber situsbudaya.id

Candi wangkal, terletak di desa Wangkal, Krembung, Sidoarjo. Cukup singkat informasi yang didapatkan akan tetapi candi wangkal ini terletak diarea persawahan selain itu menurut informasi candi wangkal ini merupakan bagian dari tugu.

Candi Wangkal, sumber Kompasiana

Prasasti kemlagi atau watu manak, prasati ini terletak di Prambon yang juga merupakan salah satu situs tertua di Sidoarjo karena ada sejak era Airlangga jauh sebelum adanya kerajaan Majapahit, prasati ini menjelaskan tentang desa Perdikan atau daerah yang bebas dari pajak Negara karena dianggap berjasa terhadap Negara.

Candi Pamotan, terletak di desa Pamotan, Porong, Sidoarjo. Candi pamotan berada di area rumah penduduk, Pamotan sendiri diambil dari sebuah gelar pemerintahan yang diberikan oleh raja kepada orang yang memimpin didaerah tesebut.

Candi Pamotan, sumber situsbudaya.id

Candi Tawangalun, terletak di Desa Buncitan, Sedati, Sidoarjo. Cukup menarik candi ini karena suasananya yang nyaman, candi ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit karena memiliki ke khasan berasal dari batu bata merah besar.

Candi Tawangalun sumber freakpals.wordpress.com

Sidoarjo juga memiliki Candi Pari, Candi Sumur, Candi Darmo, Candi Watutulis, Situs Sumber Agung, Situs Terung. Masyarakat harus bangga karena bangunan-bangunan ini menjadi saksi bisu pergantian masa demi masa dan tentunya harus selalu dijaga dan dirawat. Jangan sampai peninggalan sejarah ini cuman dibiarkan saja.

Pelopor xpedisi Mandhala

Kontributor || Alfun Salam

Editor || A. Phinandhita P.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan