Galara Untad Gelar Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Buatan Tingkat Nasional

Caption Foto : Seorang peserta lomba sedang melakukan pemanjatan pada Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Buatan (KTPTB) ke III Tingkat Nasional Mapala Galara (WARTAPALA INDONESIA / FRISKA / MAPALA GALARA)

Wartapalaindonesia.com, Palu – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Galara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako, menggelar Kejuaraan Terbuka Panjat Tebing Buatan (KTPTB) III Tingkat Nasional, dengan tema, menekan keterbatasan, berjuang hingga menang. Kegiatan ini bertempat di dinding panjat buatan, Mapala Galara FEB Untad, yang dilaksanakan dari tanggal 22-25 November 2021.

Asmarini selaku ketua panitia mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 105 atlet panjat tebing, yang berasal dari organisasi pecinta alam, komunitas/ klub panjat, dan Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) di berbagai daerah yang memperebutkan juara 1-3, dan total bonus senilai Rp. 20 juta rupiah.

“Ada dua kategori yang dilombakan, diantaranya Lead Putra/Putri dan Speed Klasik Putra/Putri, dan kejuaraan ini bertujuan untuk memajukan cabang olahraga panjat tebing sekaligus pembinaan atlet panjat tebing yang berada di Sulawesi Tengah.” Ungkapnya.

Asmarini melanjutkan bahwa pada kategori lead umum putra yang menjadi Juara 1 adalah Putra Adhitryan yang berasal dari FPTI Pangkep, dan Ivan Alana yang berasal dari FPTI Kota Palu sebagai juara 2, sementara untuk juara 3 diraih oleh Syahrul Ramadhan yang berasal dari FPTI Pangkep.

Juara 1 lead umum putri, diraih oleh Syamsinar dari FPTI Pangkep, juara 2 diraih oleh Pratiwi Kusuma yang berasal dari TOSCA FPTI Makassar, dan Juara 3 diraih oleh Siti Nurul Aftitah dari FPTI Pangkep.

Pada kategori Speed klasik putra, juara 1 diraih oleh Muhammad Azzahrandy dari KPG Pandawa Indonesia, juara 2 diraih oleh Putra Adhitryan berasal dari FPTI Pangkep, dan Juara 3 Moh. Khadafi berasal dari TOSCA FPTI Makassar

Pada kategori Speed klasik putri, Juara 1 diraih oleh Syamsinar berasal dari FPTI Pangkep, juara 2 Wenda Safitri berasal dari KGHPT Kota Palu, dan Juara 3 diraih oleh Pratiwi Kusuma berasal dari TOSCA FPTI Makassar.

Abdul Rahmat selaku Ketua Mapala Galara menjelaskan, bahwa ini merupakan kali ketiga Mapala Galara FEB Untad menggelar KTPTB setelah terakhir dilaksanakan pada 2007.

”Dengan diadakannya lomba tingkat nasional ini, dapat memberikan pemahaman kepada publik, bahwa keterbatasan bukan menjadi alasan untuk kita tidak melakukan apapun. Akan tetapi dengan keterbatasan, justru bisa memicu adrenaline, untuk kita bisa mendaki, bahkan melompat lebih tinggi, dalam meraih yang namanya kemenangan.” Ujarnya

Rahmat berharap melalui kegiatan ini, dapat merangsang komunitas dan club panjat untuk selalu meningkatkan panjat tebing di Indonesia, khususnya di Provinsi Sulteng.

“Harapannya, melalui kegiatan ini, panjat tebing di Sulteng, bisa kembali eksis, sekaligus mempererat tali silaturahmi sesama peserta, penggiat alam, para tamu undangan dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas,” Tutupnya.

 

Kontributor || Silfa, WI 200076

Editor || Yahya M. Ilyas, WI 200092

 

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

0 Comment

  • Resky Wahyuni , November 27, 2021 @ 11:53 pm

    Jaya selalu GALARA

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: