Gelar Talkshow Kebencanaan, SARMMI Tampilkan Dua Srikandi Mapala Muhammadiyah

Caption Foto : Zeni Nurhidayah Rizkia dari Mapala UMY. Ketua Tim Operasi Kemanusiaan SARMMI di bencana erupsi gunung Semeru. Jawa Timur. (WARTAPALA INDONESIA/Dok. SARMMI)

WartapalaIndonesia.com,Purwokerto – Dalam rangka penyelenggaraan Munas (Musyawarah Nasional) yang ketiga, SARMMI. (SAR Mapala Muhammadiyah Indonesia) akan menampilkan dua Srikandi Mapala Muhammadiyah, sebagai narasumber pada sesi Talkshow Kebencanaan.

Dua Srikandi itu masing-masing adalah Zeni Nurhidayah Rizkia, dari Mapala UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyarta). Riska Fitri Amelia, dari Stacia UMJ (Universitas Muhammadiyah Jakarta)

Munas SARMMI diselenggarakan pada Jumat hingga Minggu, 5-7 Agustus 2021. Talkshow dilaksanakan di hari pertama. Usai acara pembukaan.

Bertindak selaku tuan rumah Munas SARMMI adalah Mapsa UMP (Mapala Satria Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Selain diikuti oleh utusan Mapala Muhamamdiyah se Indonbesia, sesi Talksow juga dihadiri oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Majelis Diktilitbang. Rektor/Ketua/Direktur PTMA Se-Indonesia. MDMC. BASARNAS. BPBD. Komunitas Relawan Bencana Alam Se-Banyumas. Sispala Se-Banyumas, serta Unit kemahasiswaan di UMP.

Talkshow juga dipancarluaskan melalui saluran media sosial secara real time.

Diterangkan oleh Sekretaris Umum SARMMI, Rinanto, dua Srikandi ditampilkan untuk menunjukan kepada khalayak, bahwa, kaum putri dapat menjadi relawan yang tangguh di lokasi bencana alam.

“Zeni Nurhidayah dan Rizka Fitri, adalah contoh nyata jika kaum putri dapat berkontribusi luar biasa membantu korban bencana alam, serta menjadi relawan yang berada di garis depan,” terang Rinanto. (2/8/2022)

Lebih jauh Rinanto mengungkap, Zeni Nurhidayah adalah Ketua Tim Operasi Kemanusiaan SARMMI di bencana erupsi gunung Semeru. Jawa Timur.

Di sana, Zeni Nurhidayah memimpin puluhan relawan dari beberapa organisasi dari berbagai daerah.

Zeni Nurhidayah juga merupakan satu-satunya perempuan personil SAR, yang terlibat langsung pada proses evakuasi jenazah korban erupsi Semeru di Curah Kobokan, Lumajang.

Sedangkan Rizka Fitri, adalah Ketua Tim Bantuan Medis saat SARMMI Operasi Kemanusiaan di bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kampar, Riau.

Pada operasi itu, Rizka Fitri bersama belasan relawan dari beberapa organisasi lain yang dipimpinnya, merupakan relawan pertama yang memberikan bantuan medis kepada warga di perkampungan yang bersebelahan dengan titik api Karhutla.

“Zeni Nurhidayah dan Rizka Fitri adalah figur relawan tangguh di lokasi bencana alam. Mereka adalah Srikandi Mapala Muhammadiyah. SARMMI menampilkan mereka di Talkshow, agar menginspirasi putri-putri Indonesia. Baik yang dari Mapala maupun yang bukan,” pungkas Rinanto.

Caption Foto : Rizka Fitri Amelia anggota Stacia UMJ (syal orange), saat memberikan bantuan medis pada korban bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Kampar, Riau. (WARTAPALA INDONESIA/Dok. SARMMI)

Sementara itu, Zeni Nurhidayah dan Rizka Fitri yang dihubungi Ahyar Stone dari Wartapala melalui telepon, mengaku akan menceritakan pengalaman mereka saat memimpin tim relawan di lokasi bencana alam.

Keduanya, sama-sama berharap nantinya akan tambah banyak putri-putri di Indonesia yang terjun ke lokasi bencana alam, dan berada di titik-titik terdepan.

“Memimpin operasi kemanusiaan di lokasi bencana, memang tidak mudah. Meski begitu, saya telah membuktikan kaum putri dapat melakukannya. Jika saya bisa, putri-putri lainnya pasti juga mampu,” kata Zeni Nurhidayah.

“Bantuan medis sangat dibutuhkan korban bencana alam. Indonesia masih kekurangan relawan medis yang berada di garis depan. Saya berharap ke depannya, akan tambah banyak tenaga kesehatan (Nakes) yang terjun ke garis depan di berbagai bencana di tanah air,” ujar Rizka Fitri. (AS)

Kontributor || Ahyar Stone, WI 21021 AB
Editor || Nindya Seva Kusmaningsih (WI 160009)

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: