Gempa Bumi Cianjur, Mapala Girigahana Buka Posko Kesehahatan

Caption foto: Posko Girigahana dijadikan Posko Kesehatan dan Air Bersih, Gempa Bumi di Cianjur, Jawa Barat (WARTAPALA INDONESIA/ Rudy Hermanto)

Wartapalaindonesia.com, JAWA BARAT – Beberapa jam setelah gempa tektonik 5.6 magnitudo meluluhlantakan sebagian kabupaten Cianjur Jawa Barat, Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Girigahana UPN Veteran Jakarta, telah membangun posko di Desa Gasol, Kecamatan Ciguneng, Cianjur, Jawa Barat.

Menurut Tarissa, kondisi desa Gasol termasuk parah. “Mereka membutuhkan bantuan air bersih dan kesehatan,” katanya melalui saluran telephone selular. “Semalam kita melakukan koordinasi dengan aparat desa dan BNPB setempat,” kata Tarissa salah satu team Quick Responses (QR) Girigahana, Selasa (22/11/2022).

“Pagi ini, BNPB meminta posko Girigahana dijadikan posko kesehatan dan penyediaan air bersih. Dan Kami berhasil menghidupkan jaringan air bersih dan segera disalurkan kepada warga yang membutuhkan,” sambung Lail Akbar Nugraha selaku ketua team QR.

Sementara Nabil Ketua Umum Mapala Girigahana yang berada diposko induk (Pondok Labu) mengatakan, hari ini (Selasa) akan diberangkatkan team kedua yang berjumlah 6-8 orang sekaligus membawa kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan di lokasi bencana.

Mapala Girigahana UPN Veteran Jakarta, melalui quick response team (QR) telah memberangkatkan 15 anggotanya. Team terbagi dua: Medis dan SAR. Disamping itu tim juga membawa bantuan berupa obat-obatan, makanan, selimut dan lain-lain dengan 3 (tiga) mobil double cabin.

Girigahana merupakan UKM tertua di UPN Veteran Jakarta dan sudah berusia 41 tahun. Selain tempat menyalurkan hobi (caving, rock climbing, arung jeram dan mountaineering), Girigahana terlibat aktif dalam berbagai bencana alam, “Saya sangat mengetahui kiprah Girigahana dalam tanggap bencana,” terang Hendri Wijaya, selaku Ketua Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Jakarta.

Dalam berbagai kesempatan Girigahana memang tercatat aktif memberi bantuan, terutama untuk wilayah terkena gempa di Jabodetabek dan wilayah Jawa. “Sebagai Mahasiswa Pecinta Alam kami selalu terpanggil untuk selalu terdepan dalam hal kemanusiaan,” tegas Lail.

Kontributor || Task Force Girigahana Team Komunikasi, Rudy Hermanto

Editor || Soprian Ardianto, WI 200136

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.