WARTAPALA INDONESIA

Generasi Milenial Cepat Tanggap Dalam Kebencanaan

Caption foto: Peserta lakukan foto bersama sebelum lakukan penanaman mangrove di pesisir laut. (WARTAPALA INDONESIA/ Seprian Nurhidayatulloh)

Wartapalaindonesia.com, TANGERANG – Kali ini Mapala Stacia kembali menggelar kegiatan Latihan Gabungan Water Rescue dan Mitigasi Bencana pada 27-28 April 2019. Kegiatan yang melibatkan peserta dari Mapala se-Jabodetabek dan Masyarakat sekitar wilayah Tanjung Burung ini berlangsung di Desa Tanjung Burung, Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Desa ini dijadikan lokasi Latihan Gabungan dengan tujuan agar generasi milenial dan masyarakat tanggap dalam kebencanaan dan menjaga pelestarian pesisir laut seperti menanam mangrove. Desa ini sering terkena bencana banjir, karena berdekatan dengan sungai Muara Cisadane. Maka dari itu, tempat ini pantas untuk latihan kebencanaan water rescue yang diinstrukturi oleh Basarnas.

Disamping melakukan latihan water rescue, peserta juga melakukan penanaman mangrove di pesisir laut dan dipandu langsung oleh Remaja Tabur Mangrove (RTM). Lokasi penanamannya berada di pesisir laut, dimana terdapat lautan sampah yang sudah ada sekitar kurang lebih 8 tahun. Artinya, sampah yang kita buang di sungai akan lari ke Muara Cisadane dan mengendap di pesisir laut.

“Saya beserta teman-teman Mapala se-Jabodetabek turut perihatin melihat lautan sampah yang bisa dibilang cukup luas ini. Maka dari itu kami melakukan penanaman mangrove agar dapat menanggulangi bencana banjir akibat sampah tersebut. Semoga ada penanganan lebih lanjut dari pemerintah tentang lautan sampah ini,” ujar Nishfa M.Utamu, ketua pelaksana kegiatan.

Kontributor || Seprian Nurhidayatulloh, WIJA Tangerang

Editor || N. S. Kusmaningsih, WI 160009

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: