Hari Bumi OPA Jateng Tanam Pohon

Caption foto: Peringati Hari Bumi, OPA Jawa Tengah Tanam Pohon di Lereng Gunung Telomoyo (WARTAPALA INDONESIA, Sri Wahyuning, KP Salatiga)

Wartapalaindonesia.com, JATENG – Hari Bumi diperingati setiap tanggal 22 April, berbagai organisasi pecinta alam maupun organisasi sejenisnya melakukan berbagai kegiatan untuk turut memperingati hari bumi. Mapala Mitapasa bersama Aliansi Gerakan Tanam Pohon Jawa Tengah dan beberapa OPA Salatiga dan sekitarnya turut memperingati Hari Bumi tahun 2021 dengan melaksankan bedah film dan tanam pohon.

Kegiatan bertema “ Hijauku Hijaumu Hijau Kita” ini dilaksanakan selama dua hari 21 – 22 April 2021 di Basecamp Watu Tumpeng, Dangklik, Tolokan, Getasan, Kab. Semarang dan diikuti oleh 70 peserta dari berbagai organisasi. Bedah film dilaksanakan di malam hari dengan membedah Film Tenggelam Dalam Diam besutan Watchdoc Documentary. Kegiatan ini turut menghadirkan Eksekutif Produser film Dinar Bayu Nikmatika yang sekaligus sebagai anggota Greenpeace Indonesia.

“Dari film tersebut saya berharap masyarakat lebih sadar akan dampak akibat indutrialisasi di Indonesia serta perubahan iklim di sekitar kita” Ungkap Dinar di akhir acara. Bedah film diakhiri dengan penampilan epic dari musisi indie Sisir Tanah.

Keesoakan harinya acara dilanjutkan dengan penanaman pohon di lereng Gunung Telomoyo. Ada berbagai macam pohon yang ditanam diantaranya durian, jambu, beringin, dan lain sebagainya. Sebelum penanaman dimulai panitia membagikan bibit pohon kepadasa peserta dan melakukan koordinasi terkait lokasi penanaman yang akan dilaksanakan.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan tanam pohon ini kawasan sekitar menjadi lebih lestari serta mengurangi potensi bencana, tanah longsor misalnya, kegiatan ini juga sekaligus kampanye kami agar masyarakat dapat lebih peduli dengan keadaan sekitar sehingga dapat membangun kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan” terang Ridho salah satu panitia kegiatan.

Kontributor || Sri Wahyuning, WI 210157)

Editor || Soprian Ardianto, WI 200136

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: