WARTAPALA INDONESIA

IMPALA UB, Tim Brawijaya Sepanjang Island Research Lakukan Penelitian Eksploratif

Wartapalaindonesia.com, EKSPLORE – Minggu (15 Juli 2018), sekitar pukul 01.00 WIB Tim Brawijaya Sepanjang Island Research yang dikelola oleh Anggota Muda eks Diklatsar 41 Ikatan Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Brawijaya (IMPALA UB) mulai melakukan kegiatan.

Tim Brawijaya Sepanjang Island Research ini beranggotakan 12 orang Anggota Muda dan 2 orang Anggota Biasa.

Kegiatan yang diadakan di Pulau Sepanjang, Kec. Sapeken, Kab. Sumenep, Jawa Timur ini merupakan rangkaian tahapan pendidikan mereka yang biasa disebut pengembaraan anggota muda.

Bentuk kegiatan ini berupa penelitian eksploratif. Penelitian eksploratif yaitu dengan menggali informasi tentang berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat tersebut.

Dalam penelitian eksploratif ini ada enam aspek kehidupan, antara lain gambaran umum, aspek bahasa dan komunikasi, aspek ekonomi, aspek antropologi dan psikologi sosial, aspek kearifan lokal dan aspek ketahan pangan, dan pemanfaatan flora fauna.

Pemilihan lokasi ini dikarenakan di pulau Sepanjang ini belum adanya data potensi daerah tersebut.

Selain itu juga didasarkan dari UU Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Indonesia.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini masyarakat umum dan lembaga terkait lebih mengerti potensi pengembaran, khususnya kawasan Pulau Sepanjang, Kecamatan Sapeken, Kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Brawijaya.

Dengan adanya data potensi tersebut diharapkan dapat menjadi analisa pemerintah dalam penentuan arah kebijakan.

Kontributor || IMPALA UB

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih

Kirim tulisan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: