Jelajah Situs Gunung Pawitra di Candi Wayang

Penyerahan sertifikat di acara Jelajah Situs Guung Pawitra. (WARTAPALA INDONESIA/ Yulianingsih)

Wartapalaindonesia.com, BUDAYA – Tanggal 13-14 Oktober 2018, Komunitas Jelajah Situs Gunung Pawitra mengadakan acara jelajah situs-situs pawitra, tepatnya di Candi Wayang, Gunung Gajah Mungkur.

Tujuan diadakannya acara ini untuk mengenalkan situs-situs di sekitar Pawitra. Dimana setiap perwara/anak gunung Pawitra banyak ditemukan situs.

Tema kegiatan Pawitra XI kali ini adalah Bakti Situs. Acara ini bersifat umum bisa diikuti oleh kalangan Pecinta Alam, SISPALA, OPA, MAPALA dan masyarakat umum.

Tokoh yang terlibat pada acara ini petugas dari BPCB dan komunitas dari TJK (Tapak Jejak Kerajaan) Naga Peksi Wilwaltika. Kemudian dari pembicara ada Kang Sindhu Suryapatih, TP Piknik Wijoyo, Pak Nimun selaku jupel candi kawasan Gunung Gajah Mungkur.

Intinya kita sebagai bangsa yang besar bukan hanya menyimpan sejarah kolonial tetapi ada sejarah yang lebih besar yang diwariskan oleh para leluhur kita mulai dari mataram kuno hingga majapahit akhir.

“Saya sangat mendukung sekali kegiatan Jelajah Situs Gunung Pawitra,” ungkap Kang Sindhu Suryapatih.

Melihat keadaan kemarin tindak lanjut yang akan kita ambil adalah reboisasi. Hal tersebut merupakan yang lebih utama, karena kawasan sekitar Gunung Gajah Mungkur dan Pawitra habis terbakar hingga beberapa puluh hektar.

“Acara tersebut layak untuk dikembangkan karena mengedukasi sekali terutama tentang sejarah budaya dan alam,” ucap Kang Fahmi, Ketua Pelaksana.

Salah satu peserta mengatakan bahwa sangat antusias terhadap acara ini dan akan mengikuti lagi pada acara Jelajah Situs Gunung Pawitra ke XII.

Kontributor || Yulianingsih

Editor || Nindya Seva Kusmaningsih

Foto bersama usai acara Jelajah Situs Gunung Pawitra.

Kirim Pers Release kegiatan / artikel / berita / opini / tulisan bebas beserta foto kegiatan organisasi / komunitas / perkumpulan Anda untuk diterbitkan di portal berita Pencinta Alam www.wartapalaindonesia.com || Ke alamat email redaksi Wartapala Indonesia di wartapala.redaksi@gmail.com || Informasi lebih lanjut : 081333550080 (WA)

bagikan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan